340 Warga Kuta Bak Drien Abdya Kebagian Pupuk Gratis

Keuchik Gampong Kuta Bak Drien, Zulkifli (kiri) didampingi pihak lainnya menyerahkan pupuk gratis kepada masing-masing warga secara simbolis di Gedung BUMDes setempat, Minggu (26/5/2024) pagi. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Kita sepakat untuk melakukan pengadaan pupuk hampir setiap tahun sesuai dengan ketersediaan anggaran. Sebagaian dari dana ketahanan pangan tersebut, kita alirkan untuk petani agar mendapatkan pupuk secara gratis sebagaimana juga diatur dalam peraturan bupati (Perbub). Kemudian mengingat petani juga sangat memerlukan pupuk dalam masa tanam padi kali ini,” kata Zulkifli.

Jurnalis : Rizal

ANTARAN|BLANGPIDIE – Sebanyak 340 warga di Gampong Kuta Bak Drien, Kecamatan Tangan-Tangan, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), kebagian pupuk non subsidi secara gratis yang bersumber dari Dana Desa (DD) program ketahanan pangan tahun 2024 yang hampir setiap tahun dianggarkan oleh perangkat Gampong setempat.

Pupuk non subsidi dengan jenis NPK 16-16-16 (Mutiara) itu disalurkan langsung oleh Zulkifli selaku Keuchik Kuta Bak Drien di Kantor Keuchik setempat, Minggu (26/05/2024) pagi yang turut dihadiri Pendamping Desa (PD) Tahir, Babinkantibmas Polsek Tangan-Tangan Briptu Firdaus dan Babinsa Koramil Tangan-Tangan, Kopda Rahmat serta para aparatur Gampong setempat.

Baca Juga:  Sambut Maulid Nabi 1445 H, Pemkab Aceh Selatan Gelar Pasar Murah

Keuchik Kuta Bak Drien, Zulkifli disela kegiatan itu, menjelaskan, bahwa pengadaan pupuk itu bersumber dari Anggaran Dana Desa Tahun 2024 bidang ketahanan pangan yang terlaksana setelah adanya musyawarah bersama dengan sejumlah aparatur, tuha peut dan tokoh masyarakat setempat.

Dalam musyawarah itu, pihaknya sepakat kalau proses pembagian pupuk disalurkan kepada masing-masing rumah warga yang berdomisili di Gampong Kuta Bak Drien untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil panen terutama pada tanaman padi yang merupakan sumber pokok pendapatan warga setempat.

“Kita sepakat untuk melakukan pengadaan pupuk hampir setiap tahun sesuai dengan ketersediaan anggaran. Sebagaian dari dana ketahanan pangan tersebut, kita alirkan untuk petani agar mendapatkan pupuk secara gratis sebagaimana juga diatur dalam peraturan bupati (Perbub). Kemudian mengingat petani juga sangat memerlukan pupuk dalam masa tanam padi kali ini,” kata Zulkifli.

Baca Juga:  Pengadilan Negeri Blangpidie Gelar Sosialisasi dan Teken MoU Aplikasi E-Berpadu

Untuk penerimaan pupuk tahun ini, sebut Zulkifli, sebanyak 340 rumah, dengan total masing-masing per rumah mendapatkan 13 kilogram jenis pupuk NPK 16-16-16 (Mutiara).

“Alhamdulillah, petani masih bisa menggunakan pupuk ini untuk tanaman padi mereka. Meski tidak terlalu banyak, namun kita berharap bisa bermanfaat untuk meringankan beban warga yang sekitar 70 persen merupakan petani di sawah,” tuturnya.

Zulkifli sangat bersyukur, sebab dalam masa tanam ini bisa menyalurkan pupuk kepada warga yang sebagian berprofesi sebagai petani juga pekebun di desanya.

Baca Juga:  Lagi, Satnarkoba Polres Bener Meriah Ringkus Pelaku Penyalahguna Narkotika Jenis Ganja

“Semoga saja tahun depan akan lebih banyak lagi. Kita akan terus berupaya lebih baik lagi dari masa ke masa selama masih kita memimpin,” ujarnya.

Zulkifli berharap pupuk ini dapat dipergunakan pada tempatnya, dan semoga hasil pertanian tahun ini lebih meningkat dari musim tanam lalu.

“Harapan kami, pupuk ini tidak diperjualbelikan ke orang lain. Karena kualitasnya sangat bagus bila dibandingkan dengan pupuk-pupuk penyubur lainnya. Mari kita pergunakan sebaik mungkin,” demikian tandasnya.(*)

Meskipun pupuk sudah sampai pada sore Sabtu (25/5/2024) kemaren, namun pihak desa berinisiatif untuk membagi pupuk pada Minggu (hari ini) agar semua masyarakat bisa hadir langsung mengambil pupuk ke kantor desa. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.