40 Santri Madrasah Ulumul Qur’an Aceh Selatan Diwisuda

Sebanyak 40 orang santri Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Aceh Selatan, diantaranya 21 orang laki-laki, 19 orang perempuan mengikuti wisuda ke VI di Rumoh Agam Tapaktuan, Rabu (15/03/2023). Foto Diskominfo Asel
Bagikan:

“Hal ini sejalan dengan semangat didirikannya MUQ Aceh Selatan, yakni untuk melahirkan generasi-generasi qurani Aceh Selatan yang mampu menghafal qur’an dan berprestasi,” ujar Asisten I.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Sebanyak 40 orang santri Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Aceh Selatan, diantaranya 21 orang laki-laki, 19 orang perempuan mengikuti wisuda ke VI di Rumoh Agam Tapaktuan, Rabu (15/03/2023).

Pada prosesi wisuda tersebut turut dihadiri oleh, Bupati Aceh Selatan yang diwakili oleh Asisten I Setdakab Aceh Selatan, Kamarsyah S.Sos, MM, Kepala SMP MUQ Aceh Selatan, unsur SKPK, Ketua PKK Aceh Selatan, dan orang tua murid.

Asisten I Setdakab Aceh Selatan, Kamarsyah S.Sos MM mengatakan, Madrasah ‘Ulumul Quran (MUQ) Aceh Selatan yang telah berdiri sejak 2015, dari tahun ke tahun terus menunjukkan kemajuan yang signifikan.

Baca Juga:  Kobar-GB Minta Pemerintah Serius Perhatikan Kesejahteraan Guru

Berbagai prestasi di bidang pendidikan umum maupun agama telah banyak diraih, melalui keikutsertaan dalam kompetisi-kompetisi tidak hanya di tingkat Kabupaten, namun juga di tingkat Provinsi.

“Hal ini sejalan dengan semangat didirikannya MUQ Aceh Selatan, yakni untuk melahirkan generasi-generasi qurani Aceh Selatan yang mampu menghafal qur’an dan berprestasi,” ujar Asisten I.

Lanjutnya, yang lebih membanggakan lagi, MUQ Aceh Selatan telah melahirkan hafiz al-qur’an, sebagai aset berharga Aceh Selatan ke depan. “Harapan kita bersama agar nantinya di setiap kecamatan memiliki hafiz yang berasal dari Madrasah Ulumul Qur’an Aceh Selatan,” paparnya.

Ia berharap, kepada para wisudawan agar ilmu yang telah didapatkan selama mengikuti pendidikan di MUQ dapat menjadi bekal untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya, ke jenjang yang lebih tinggi.

Baca Juga:  Dandim 0107/Asel Minta Prajurit Tingkatkan Satkowil dengan Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

Menurut Kamarsyah, hari ini bukanlah akhir dari proses belajar, namun merupakan langkah awal menuju kesuksesan selanjutnya. Karenanya, ia berpesan untuk terus amalkan kebiasaan baik selama menjalani pendidikan di MUQ, shalat jamaah 5 waktu, shalat tahajud, dan lain sebagainya, sebagai wujud dan prilaku alumni MUQ.

“Saya ucapkan selamat kepada para orang tua wisudawan, tentunya seluruh orang tua yang hadir pada hari ini adalah orang tua yang paling berbahagia, karena memiliki putra-putri penghafal Al-qur’an,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMP Plus Ulumul Qur’an Aceh Selatan, Abu Bakar S.PdI menyampaikan, hari ini diwisuda 40 santri, 21 orang laki-laki, 19 orang perempuan, mereka sudah menyelesaikan jenjang pendidikan selama 3 tahun pada jenjang di SMP Plus Ulumul Quran Aceh Selatan dan dapat melanjutkan jenjang pendidikan berikutnya.

Baca Juga:  Muncul Percikan Api, PLN Tapaktuan Padamkan Sementara

“Kami merasa sangat bangga dan bersyukur atas prestasi yang telah dicapai oleh seluruh santri yang akan kita wisuda hari ini,” ujarnya.

Jelasnya, sudah ada 3 santri MUQ yang sudah tampil ketingkat nasional, pada ajang lomba yang diikutinya, namun prestasi generasi keenam ini juga cukup bagus dan membanggakan dimana hafalan Al’ quran mereka rata-rata diatas 10 jus.

Ia juga mengucapakan terimakasih kepada Pemerintah Aceh Selatan yang telah memberikan segala dukungan biaya yang cukup besar untuk operasional MUQ Aceh Selatan.

Usai acara wisuda, diiringi dengan penyerahan cendramata dari SMP plus Ulumul Quran Aceh Selatan kepada siswa berprestasi yakni, Pocut Nasywa Afriza, Azil Saputra, M.Faturahman Al Azizi. Kemudian kepada siswa kategori nilai tertinggi yaitu, Laura Fathaya Azzahra, M.Taufiq Al Afidh.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.