500 Sertifikat Tanah Diserahkan Untuk Masyarakat Bulohseuma

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Gampong Kuta Padang dan Gampong Raket, Kemukiman Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (10/01/2023). Foto Diskomknsa Asel
Bagikan:

“Redistribusi tanah adalah sertifikasi lahan khusus untuk perkebunan ataupun perikanan, jangkauannya lebih luas hingga maksimal lima hektare, untuk satu sertifikat dan nilai jual juga lebih mahal dibandingkan dengan tanah pekarangan rumah,” kata Nasrullah. 

Jurnalis : Herian Syahputra

ANTARANNEWS.COM|TAPAKTUAN – Masyarakat Gampong Kuta Padang dan Raket kemukiman Bulohseuma, kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan patut bergembira. Pasalnya 500 warga di dua gampong tersebut menerima setifikat lahan melalui program sertifikasi redistribusi.
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Aceh Selatan Nasrullah, SP menjelaskan bahwa Program sertifikasi redistribusi tanah berbeda dengan program pemerintah lainnya.

Baca Juga:  Ciptakan Pemilu Bersih, Personal KIP Aceh Selatan Teken Fakta Integritas Bebas KKN

“Redistribusi tanah adalah sertifikasi lahan khusus untuk perkebunan ataupun perikanan, jangkauannya lebih luas hingga maksimal lima hektare, untuk satu sertifikat dan nilai jual juga lebih mahal dibandingkan dengan tanah pekarangan rumah,” kata Nasrullah pada acara pemberian sertifikat tanah sekaligus silaturahim dengan masyarakat di Bulohseuma, Trumon, Selasa (10/1/2023).

Pada kesempatan itu, Nasrullah menyampaikan ucapan terimakasih kepada aparatur pemerintahan Gampong dan Mukim yang telah memfasilitasi proyek ini berjalan sesuai dengan target sejak penyuluhan pada bulan April tahun 2022, yaitu sebanyak 500 bidang, meliputi 259 untuk warga Gampong Kuta Padang dan 187 untuk Gampong Raket.

Baca Juga:  Soal Kelanjutan Pasar Modern di Abdya, Ini Kata Kajati Aceh

Kegiatan penyerahan sertifikat ini turut dihadiri Bupati Aceh Selatan Tgk. Amran didampingi kepala OPD terkait beserta Asisten Bidang Pemerintahan dan Keistimewaan, Muspika Trumon, para Keuchik dan Kepala Mukim, Kecamatan Trumon.

“Mengingat jarak yang cukup jauh antara Bulohseuma dengan Kantor Pertanahan dan Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Selatan di Tapaktuan. Untuk itu, kami hadir langsung disini bersama untuk menyerahkan sertifikat tanah tersebut, sekaligus kami dapat bertatap muka dan bersilaturahim dengan masyarakat disini,” ujar Tgk Amran dalam sambutannya.

Baca Juga:  Hujan Deras, Jembatan Lawe Simeulue Tergenang Banjir

Lebih lanjut Bupati mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT karena pada hari itu 500 set sertifikat sebagai bukti hak milik diserahkan kepada masyarakat kemukiman Bulohseuma, meskipun sebagian sudah diserahkan secara simbolis pada puncak peringatan Hari Jadi Aceh Selatan ke 77.

Bupati tidak lupa memberikan apresiasi kepada Kantor Pertanahan (Kantah) serta Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Selatan yang telah bekerja secara maksimal dalam hal mengeluarkan sertifikat bagi warga Gampong Kuta Padang maupun Raket, di Kecamatan Trumon.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.