612 Personil Linmas Gayo Lues Siap Mengamankan TPS

AKBP Setyawan Eko Prasetiyo didampingi Forkopimda Kasat Pol PP melakukan Infeksi barisan linmas, guna memastikan kelengkapan Linmas yang akan bertugas mengamankan TPS mulai dari seragam baru kesehatan mental dan fisiknya, Sabtu (10/02/2024). ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Jangan sampai ada yang sakit ataupun terganggu kesehatan. Material pemilu pada ha- 3 sudah mulai didistribusikan terutama pada daerah yang jauh jaraknya dari kota kabupaten,” pesan Kapolres Gayo Lues.

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Sebanyak 612 orang personil Linmas Gayo Lues siap mengamankan 305 TPS yang tersebar di setiap desa, dengan jumlah TPS perdesa 1 – 3 TPS. Hal tersebut disampaikan Kasat Pol PP/WH dan Linmas Gayo Lues, Sabri S.Pd usai Apel Kesiapan PAM TPS Linmas Gayo Lues di Lapangan Apel Kantor Bupati Gayo Lues, Sabtu (10/02/2024).

Apel dipimpin Kapolres Gayo Lues, AKBP Setyawan Eko Prasetiyo diikuti unsur Forkopimda, Kepala SKPK Terkait dan Seluruh Linmas, Pol PP, TNI dan Bhabinkamtibmas.

Pada apel tersebut AKBP Setyawan Eko Prasetiyo didampingi Forkopimda Kasat Pol PP melakukan Infeksi barisan linmas, guna memastikan kelengkapan Linmas yang akan bertugas mengamankan TPS mulai dari seragam baru kesehatan mental dan fisiknya.

Baca Juga:  Di Bawah Cahaya Bulan

Pada kesempatan tersebut Eko memberikan motivasi kepada para Linmas agar tetap semangat menghadapi pemilu yang sudah tinggal hitungan hari lagi. Eko meminta Petugas Linmas menjaga kesehatan dan juga kesiapan, fokus pada pengamanan TPS, mengingat waktu sudah sangat mendekat.

“Jangan sampai ada yang sakit ataupun terganggu kesehatan. Material pemilu pada ha- 3 sudah mulai didistribusikan terutama pada daerah yang jauh jaraknya dari kota kabupaten,” pesan Kapolres Gayo Lues.

Selain itu, lanjut Kapolres, kotak suara dan Kertas suara yang akan didistribusikan harus di pastikan sampai pada tujuan dengan kondisi yang aman. Eko juga berharap pemilu bisa berjalan aman dan lancar.

Kabag OP Polres Gayo Lues, AKP Jhon Bheru menyampaikan untuk pengamanan TPS Polres Gayo Lues menurunkan sedikitnya 156 personil dengan 3 orang personil cadangan, para personil akan mulai di terjunkan pada Senin 12 Februari 2023.

Baca Juga:  Landok Sampot Mewarnai Penutupan Festival Pesona Barat Selatan

Dimulai pada daerah yang jauh dari pusat kota, yaitu kecamatan Trangun, Tripe Jaya dan Pining, setelah itu menyusul kecamatan lainya. Pada daerah rawan akan di tempatkan 2 orang per TPS dan daerah sedang satu orang per TPS .

Sementara lebih lanjut Kasat POL PP Sabri menyebutkan jumlah TPS ada 305 titik, secara keseluruhan jumlah Linmas dibandingkan dengan jumlah TPS sudah melebihi banyaknya, namun karena jumlah Linmas di setiap desa hanya sekira 5 orang, sementara TPS di desa ada mulai dari 1 sampai 3 titik banyaknya, ada beberapa desa yang jumlah Linmas tidak mencukupi.

“Sehingga harus di Backup dari Pol PPP. Tidak mungkin Linmas dari desa lain di tugaskan ke TPS desa lain apalagi lokasi tempat tinggal Linmas sangat jauh dari desa yang kekurangan linmas,” paparnya.

Baca Juga:  Gelar Qurban Presisi, Kapolres Aceh Selatan Serahkan 29 Hewan Qurban

Secara keseluruhan, lanjutnya, Linmas Gayo Lues sudah siap mengamankan TPS. Pihaknya berharap semua Linmas diberikan kesehatan sehingga keamanan TPS bisa lancar sesuai dengan harapan bersama.

Ketua KIP Gayo Lues, Khairuddin mengatakan tugas Linmas ada dua yang pertama mengamankan pintu masuk dan kedua mengamankan pintu keluar, di pintu masuk memastikan pemilih tidak membawah senjata tajam, Hp dan juga benda lainya masuk ke bilik suara.

“Di pintu keluar memastikan pemilih sudah menyelupkan jarinya ke tinta,” paparnya. Selain itu Khairuddin juga mengatakan Gaji Linmas sudah ditransfer ke rekening masing masing ketua TPS usai pelaksanaan Pemilihan Umum para Linmas sudah bisa menerima gajinya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.