ABM Investama Sabet Penghargaan Platinum

Keterlibatan ABM Group dalam menerapkan Environmental, Social and Governance (ESG) untuk mendukung sekaligus menekan Net Zero Emission (NZE). ANTARAN/Foto Istimewa.
Bagikan:

“Semoga penghargaan yang diraih saat ini menjadi inspiratif bagi semua pihak,” pungkas Andi.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN|JAKARTA – PT ABM Investama (ABM) Tbk berhasil menyabet penghargaan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi 2023 dengan Kategori Platinum Plus. Penghargaan itu diberikan oleh Bumi Global Karbon Foundation (BGK Foundation).

Dalam seleksinya, ABM masuk ke dalam jajaran 114 perusahaan yang berhasil menerima penghargaan tersebut. Penghargaan Platinum Plus yang diraih ABM merupakan bukti nyata perusahaan untuk fokus di bidang ESG, sehingga perusahaan dapat membantu pemerintah dalam menuju Net Zero Emission (NZE).

Komitmen ABM dalam menerapkan prinsip-prinsip Environmental, Social and Governance (ESG) dibuktikan dari langkah perusahaan yang menyediakan energi ramah lingkungan dan kerap memberdayakan masyarakat.

Sebagai perusahaan energi, ABM selalu menjaga dan memelihara lingkungan maupun sumber daya. Salah satunya ditunjukkan dari lahan seluas 854,30 hektare yang telah direhabilitasi dan program reklamasi yang dilaksanakan di area operasi.

Baca Juga:  Pj Gubernur Tunjuk M Gade Sebagai Plt Karo Adpim Setda Aceh

Direktur Utama ABM Investama Andi dalam siaran tertulisnya yang diterima Antaran, Kamis (06/07/2023) mengatakan, komitmen ABM Investama dalam melestarikan lingkungan terus diwujudkan. Kami meyakini keberlanjutan menjadi kunci untuk menyediakan energi yang memberdayakan banyak orang. ABM mempunyai mimpi untuk terus berkontribusi mendorong pencapaian SDGs dan NZE.

“Mewakili perusahaan, saya bersyukur dan tak hentinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak. Penghargaan yang kami raih menjadi cerminan ABM Group dalam mendukung program-program pemerintah demi menekan Net Zero Emission. Semoga penghargaan yang diraih saat ini menjadi inspiratif bagi semua pihak,” pungkas Andi.

Dalam ajang tersebut, BGK Foundation memberikan delapan kategori penghargaan, ke delapannya yakni Silver, Silver Plus, Gold, Gold Platinum, Platinum, Platinum Plus, Green, serta Green Elite. Adapun kriteria penilaian yakni transparansi pengungkapan dan assurance report dalam laporan keberlanjutan.

Baca Juga:  Harimau Berkeliaran di Jalan Abdya - Blangkejeren Resahkan Masyarakat, Pihak Terkait Diminta Turun 

Selain itu, penilaian juga memperhatikan tiga aspek, seperti emisi langsung, emisi tidak langsung yang dihasilkan dari polusi energi dan berhasil digunakan, serta emisi tidak langsung lainnya terkait kegiatan organisasi yang muncul dari sumber yang tidak dimiliki perusahaan. Hal ini seperti logistik dan emisi yang dihasilkan oleh supplier.

Pada kesempatan yang sama, Founder BGK Foundation Achmad Deni Daruri, mengungkapkan pihaknya mengapresiasi upaya dan kinerja perusahaan yang telah berhasil menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan. Ke depan, ia berharap kian banyak perusahaan yang sadar dan mengimplementasikan ESG untuk lingkungan maupun pengembangan bisnis.

“Kami mengapresiasi kinerja dari perusahaan terkait yang berhasil memperoleh penghargaan dari berbagai kategori. Penghargaan Transparansi Emisi Korporasi 2023 bersumber dari penilaian kami yang diperoleh dari seluruh data atau laporan kelanjutan periode 2021 yang terbit tahun 2022. Selama 2022, kami mengumpulkan seluruh laporan keberlanjutan 2021 dan mulai melakukan penilaian di januari 2023. Dengan adanya penganugerahan ini, semoga ke depannya makin banyak perusahaan yang sadar terhadap lingkungan dan mau mengimplementasikan ESG,” ungkap Achmad.

Baca Juga:  Tingkatkan Mutu Pendidikan, MPD Abdya Adakan Penguatan Kapasitas Komite Sekolah
Tentang ABM Investama
Kegiatan internal ABM Group dalam memelihara keberlanjutan lingkungan di wilayah Indonesia. ANTARAN/Foto Istimewa.

PT ABM Investama Tbk (ABM) adalah perusahaan energi terintegrasi melalui investasi strategis di sektor pertambangan, logistik dan jasa rekayasa industri untuk mendukung keseluruhan rantai nilai industri energi seperti manajemen sumber daya pertambangan, jasa dan infrastruktur pertambangan.

ABM Investama memiliki beberapa anak usaha di antaranya PT Reswara Minergi Hartama, PT Cipta Kridatama (CK), PT Cipta Krida Bahari (CKB), PT Sanggar Sarana Baja (SSB), PT Anzara Janitra Nusantara (AJN) dan PT Prima Wiguna Parama (PWP). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.