Akibat Cuaca Ektrim dan Hujan Lebat Tiga Kecamatan di Simeulue Terendam Banjir

Beberapa hari terakhir ini di wilayah kepulauan Kabupaten Simeulue di terpa cuaca ekstrim dan hujan lebat. Akibatnya tiga Kecamatan di Kabupaten setempat terendam banjir, pada Senin (13/02/2023). ANTARAN / ARDIANSYAH
Bagikan:

“Adapun hujan deras dalam intensitas tinggi yang terjadi sejak dini hari melanda Kota Sinabang dan sekitarnya menimbulkan banjir genangan di beberapa wilayah di Kecamatan Simeulue Timur, Kecamatan Teupah Tengah dan Kecamatan Teupah Barat,” kata Zulfadli Kepala BPBD Kabupaten setempat.

Jurnalis : Ardiansyah

ANARANNEW.COM|SIMEULUE – Beberapa hari terakhir ini di wilayah kepulauan Kabupaten Simeulue di terpa cuaca ekstrim dan hujan lebat. Akibatnya tiga Kecamatan di Kabupaten setempat terendam banjir, pada Senin (13/02/2023).

Adapun tiga Kecamatan yang terendam banjir itu antara lain, Kecamatan Simeulue Timur, Kecamatan Teupah Tengah dan Kecamatan Teupah Barat.

Baca Juga:  Syarat Khatib Jumat Harus Memenuhi Ini, Tidak Boleh Asal-Asalan

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simeulue Zulfadli mengatakan, BMKG telah mengingatkan potensi adanya cuaca ekstrim di wilayah kabupaten Simeulue dalam beberapa hari ke depan.

“Adapun hujan deras dalam intensitas tinggi yang terjadi sejak dini hari melanda Kota Sinabang dan sekitarnya menimbulkan banjir genangan di beberapa wilayah di Kecamatan Simeulue Timur, Kecamatan Teupah Tengah dan Kecamatan Teupah Barat,” kata Zulfadli Kepala BPBD Kabupaten setempat.

Baca Juga:  Terkait Polemik Gedung Pers, Ini Penjelasan Kadis Kominsa Simeulue

Zulfadli menyebutkan, dampak dari bencana tersebut sejumlah gampong di Simeulue terendam banjir seperti di gampong Air Dingin, Suak Buluh, Suka Karya, gampong Abail dan gampong Batu-batu dan gampong Leubang Hulu

Dikatakannya, gampong Air Dingin banjir menutupi dan hampir mengenai rumah seperti pemukiman sebelah utara Masjid Khalilullah, di gampong Suak Buluh dan di depan SMK Neg 1 Simeulue Timur banjir luapan sungai mengenangi badan jalan jalur dua, sehingga jalan di alihkan menjadi satu jalur untuk menghindari genangan air yang sangat berisiko bagi pengguna jalan

Baca Juga:  Jumat Malam, Anjungan PKA Abdya Terpopuler

Sedangkan untuk Gampong Abail dan Gampong Batu-batu, saat ini air mulai meluap menutupi badan jalan yang menghubungkan Sinabang ke Bandara Lasikin dengan ketinggian air 1 cm sampai dengan 65 cm.

“Kemudian sedang untuk gampong Leubang Hulu Banjir merendam kurang lebih 20 unit rumah warga, dan sekita 50 KK/ 78 jiwa terdampak akibat banjir tersebut, Namun untuk saat ini banjir sudah berangsur surut di seluruh Desa yang terkena banjir dan untuk korban jiwa tidak ada,” demikian katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.