Anggota DPR-RI Rafli Kande Dukung Ide Poros Ekonomi Barsela

Anggota DPR-RI, Rafli Kande.
Bagikan:

“Saya menilai Dr Nurdin akan mampu berkomunikasi dengan Pusat. Dan dibantu dengan kita-kita yang ada di parlemen. Insya Allah, ide bisa diwujudkan secara bersama-sama,” kata Rafli Kande, yang merupakan putra asal Samadua, Aceh Selatan ini.

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BANDA ACEH – Anggota DPR-RI, Rafli Kande mendukung ide yang gagas Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin SSos MSI terkait rencana pembentukan poros ekonomi Barat-Selatan Aceh (Barsela). Guna mengejot pembangunan di wilayah yang terdiri dari delapan kabupaten/kota tersebut.

“Saya sepakat dengan ide Pj Bupati Aceh Jaya membangun poros ekonomi Barsela. Karena ini merupakan langkah awal disaat liarnya perbincangan politik tentang pemekaran barat-selatan. Justru jauh hari saya selalu menyarankan kepada teman-teman bagaimana mengintegrasikan pemikiran barat-selatan. Apakah barat-selatan dijadikan poros atau mengklasterkan ekonomi dan segala macam,” kata Rafli Kande kepada antarannews.com, Jumat (22/07/2022).

Baca Juga:  12 Bilik Santri Pesantren Bustanul Huda Terbakar

Dalam kaitan ini, lanjut Rafli Kande, apakah Barsela dijadikan poros atau mengklaster kabupaten/kota sesuai dengan sumber daya alam masing-masing. “Dan ini selalu saya suarakan. Jadi makanya itu, saya nyaris tidak pernah terlibat di dalam percakapan pemekaran barat-selatan. Dan saya fokus pada perkembangan ekonomi dan pembangunan,” ujar anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dari Dapil I Aceh.

Menurut Rafli, ini merupakan momentum bagi Dr Nurdin sebagai Pj Bupati Aceh Jaya yang sekaligus asistensi dari pusat. “Saya menilai Dr Nurdin akan mampu berkomunikasi dengan pusat. Dan dibantu dengan kita-kita yang ada di parlemen. Insya Allah, ide bisa diwujudkan secara bersama-sama,” kata Rafli Kande, putra Samadua, Aceh Selatan itu.

Baca Juga:  PWI Aceh Desak Polisi Usut Tuntas Laporan Pengancaman terhadap Wartawan di Bireuen

Apalagi dengan melibatkan akademisi dari kampus seperti, Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh, Aceh Barat, lanjut Rafli, ide besar pembangunan poros ekonomi Barsela akan dapat terwujud. “Insya Allah saya yakin cita-cita bersama kita ini akan dapat terealisasi,” tandas Rafli Kande yang juga seniman ini.

Seperti diketahui, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin melontarkan gagasan pembentukan poros ekonomi Barsela dalam diskusi dengan civitas akademika Universita Teuku Umar, Selasa (19/07/2022). Pembangunan ekonomi Barsela dan khususnya Aceh Jaya sulit akan bisa dipacu bila tidak dilakukan secara kolaborasi.

Baca Juga:  Ketua Golkar Bener Meriah : Tak Masalah Sekretaris Ditahan

“Maka untuk mempercepat pembangunan dan ekonomi di pesisir pantai barat-selatan Aceh, harus dilakukan secara terintegrasi dalam delapan kabupaten. Kalau Aceh Jaya saja bergerak sendiri tentu ini skalanya sangat kecil dan akan lambat. Maka membutuhkan gerbong besar dengan membuat poros ekonomi barsela,” tandas Dr Nurdin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.