Antisipasi Tindakan Kekerasan Terhadap Peserta Didik di Sekolah, MPD Abdya Terbitkan Surat Edaran

Ketua MPD Abdya, H Husaini Haji
Bagikan:

“Petimbangan dikeluarkan surat edaran ini karena banyak di daerah lain sudah terjadi sejumlah kasus kekerasan terhadap peserta didik, maka dari itu perlu tindakan preventif di Abdya agar lebih waspada terhadap fenomena kejadian dimaksud,” paparnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Aceh Barat Daya (Abdya), Rabu (15/11/2023) menerbitkan surat edaran tentang antisipasi tindakan kekerasan terhadap peserta didik di sekolah, madrasah hingga dayah.

Ketua MPD Abdya, H Husaini Haji didampingi Kepala Sekretariat MPD Usmadi SPd mengatakan, surat edaran dengan No. 800/10/2023 itu dikeluarkan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 82 tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan Satuan Pendidikan.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Jaya Canangkan Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahun 2022

Selanjutnya, Permendikbud No. 38 Tahun 2019 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika serta Permendikbudristek No. 46 tahun 2023 tentang pencegahan dan penanganan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan.

Dalam surat edaran dimaksud, MPD Abdya menyebutkan tiga poin yang harus menjadi tugas dan tanggungjawab bersama dalam penanggulangannya yakni pihak sekolah, orang tua atau wali siswa dan masyarakat

Diantaranya, tindak kekerasan yang dilakukan di sekolah seperti kekerasan bullying, seksual dan sebagainya dapat mengarah kepada tidak criminal yang menimbulkan trauma bagi sesame peserta didik.

Baca Juga:  Perangi Penyalahgunaan Narkoba, ASN di Lingkungan Pemerintah Aceh Selatan Test Urine

Kemudian penyalahgunaan narkoba kerap terjadi dalam dunia pendidikan, maka penting bagi semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan terkait bahaya penyalahgunaan narkoba.

Terakhir dalam meningkatkan proses pembelajaran yang aman dan nyaman, perlu upaya pencegahan terhadap permasalahan tersebut, seperti adanya peraturan sekolah terhadap pencegahan prilaku kekerasan dan penyalahgunaan narkoba serta memberikan sosialisasi.

“Petimbangan dikeluarkan surat edaran ini karena banyak di daerah lain sudah terjadi sejumlah kasus kekerasan terhadap peserta didik, maka dari itu perlu tindakan preventif di Abdya agar lebih waspada terhadap fenomena kejadian dimaksud,” paparnya.

Baca Juga:  Kompak, Pj Bupati Aceh Selatan Bareng Forkopimda Pantau Penyotiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Terakhir dia berharap peran aktif dari semua pihak mulai dari orang tua hingga pihak sekolah untuk mengawasi setiap perkembangan anak agar tidak terpengaruh dengan tindakan-tindakan yang tidak baik dan merusak pola pikir anak.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.