Atasi Stunting, Pra Nikah KUA Sawang Telah Binwin 75 Calon Pasangan Pengantin

Kepala kantor KUA Sawang, Aceh Selatan Farid Wajidi, S Ag. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Kemenag sudah menjalin kerjasama lintas sektor. Mengatasi kasus stunting, tahun 2023 telah memberikan pembinaan kepada 75 pasangan yang akan menikah,” kata Farid Wajidi, S.Ag.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN-Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Aceh Selatan melalui Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sawang telah melaksanakan Bimbingan Perkawinan (Binwin) kepada 75 calon pasangan pengantin pra nikah pada tahun 2023.

Terkait stunting, Kepala Kemenag Aceh Selatan Chairol Huda yang dikonfirmasi melalui Kepala KUA kecamatan Sawang Farid Wajidi, S.Ag mengakui pihaknya telah menjalin kerjasama lintas sektor dalam penanganan kasus stunting di wilayah kerjanya.

Baca Juga:  Parpol di Abdya Ikuti Deklarasi Pemilu Damai

“Sebelum dilaksanakan akad nikah, pasangan calon pengantin (mempelai) yang mendaftar terlebih dahulu dihadapkan dengan Binwin untuk mengatasi dan menangani stunting. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2023,” ujar Farid Wajidi kepada antaran, Minggu (5/5/2024).

Kantor KUA Sawang, kabupaten Aceh Selatan. ANTARAN/Sudirman Hamid.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar nota kesepakatan kerjasama lintas sektor antara Pemerintah daerah dan Kemenag untuk mengatasi dan menekan angka stunting di Aceh Selatan, khususnya kecamatan Sawang.

Atas kerjasama yang dirangkum, lanjutnya, KUA Sawang telah melaksanakan Binwin kepada 75 pasangan calon pengantin pada tahun 2023, terdiri lima Angkatan tahun 2023, masing-masing angkatan sebanyak 15 pasangan.

“Pra nikah, sebanyak 75 pasangan calon pengantin harus mengikuti Binwin agar memahami  dan mengetahui tatacara penekanan dan penanganan stunting agar tidak melonjak di Aceh Selatan,” ungkap Farid Wajidi.

Baca Juga:  Wakil Ketua DPRA Minta Rekanan Percepat Pengerjaan Badan Jalan Cot Mane-Blangpidie

Proses Binwin di laksanakan di KUA Sawang yang notabenenya salah satu KUA revitalisasi di Aceh Selatan yang ditetapkan pada tahun 2022.

Peran yang digeluti KUA Sawang ini merupakan program Binwin berbasis Nasional. Dalam mensukseskan program Binwin, pihaknya turut melibatkan Petugas Pengawas Lapangan Keluarga Berencana (PPLKB) dan jajaran Puskesmas Sawang.

Selain itu, dalam waktu dekat juga akan dilaunching penerimaan perubahan data bagi Pasutri yang telah menikah. Maksudnya, pasangan yang telah ijab kabul akan mendapat data baru, diantaranya Buku Nikah, KK dan KTP.

Baca Juga:  KIP Nagan Raya Gelar Sosialisasi Bagi Calon Perseorangan dan Tetapkan Syarat Dukungan

“Konteks ini sebagai upaya untuk memudahkan layanan digitalisasi dan sinkronisasi data melalui aplikasi secara akurat. Sehingga pasangan yang baru menikah akan memiliki data baru agar mudah diakses untuk berbagai keperluan administrasi,” pungkasnya.

Sekedar informasi, keterangan yang disampaikan Kepala KUA Sawang tersebut berkenaan himbauan dan harapan Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Aceh Selatan Bd. Yuliani Irvana R, S.Tr, Keb untuk mendukung dan berpartisipasi mengatasi stunting dalam temu ramah di gedung Pertemuan Sawang, Selasa (30/4/2024) lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.