Bacalon Bupati Jalur Independen di Abdya Nihil Peminat

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaran Pemilu, Deri Sudarman SH. ANTARAN / Agus
Bagikan:

“Sejak pertama dibuka jadwal pendaftaran untuk jalur perseorangan, tidak ada satupun Bacalon yang mendaftar. Artinya dalam Pilkada Abdya, tidak ada Bacalon dari jalur perseorangan yang ikut serta bersaing,” singkatnya. 

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Bakal Calon (Bacalon) Bupati di Kabupaten Aceh Bara Daya (Abdya) melalui jalur perseorangan atau independen hingga ditutupnya jadwal pendaftaran oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat nihil peminat.

Ketua KIP Abdya, Iswandi SH MH kepada wartawan Senin (13/5/2024) membenarkan jika tidak ada Bacalon Bupati jalur independen yang mendaftarkan diri ke KIP Abdya untuk maju dalam Pilkada.

Baca Juga:  KIP Abdya Lantik 45 Anggota PPK

“Sejak pertama dibuka jadwal pendaftaran untuk jalur perseorangan, tidak ada satupun Bacalon yang mendaftar. Artinya dalam Pilkada Abdya, tidak ada Bacalon dari jalur perseorangan yang ikut serta bersaing,” singkatnya.

Sementara itu Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Deri Sudarman SH mengatakan, hingga batas akhir penerimaan berkas untuk jalur independen ditutup, tidak ada Bacalon yang mendaftar.

Pendaftaran dibuka pada 8-12 Mei 2024. Pembukaan pendaftaran jalur independen ini sesuai dengan PKPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang pelaksanaan penetapan jadwal Pilkada serentak.

Baca Juga:  Jajaran Polres Simeulue Kembali Patroli Petasan dan Penyakit Masyarakat

Untuk proses pendaftaran calon perseorangan ini tetap lewat Sistem Informasi Pencalonan (Silon). Silon merupakan sebuah sistem yang dibuat KPU memuat data syarat dukungan dan dokumen syarat pencalonan bakal calon perseorangan.

“Tidak ada Bacalon Bupati jalur independen yang mendaftar dan menyerahkan berkas dukungan minimal sebanyak 4.644 dukungan atau 3 persen dari jumlah penduduk Abdya,” paparnya.

Sementara untuk pendaftaran Bacalon Bupati jalur partai politik akan dimulai pada 27-29 Agustus 2024. Akan hal itu pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat Abdya untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada yang aman dan damai serta mampu melahirkan kepala daerah yang amanah.(*)

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya : Salah Satu Tugas Pj Adalah Mensukseskan Pemilu 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.