Baitul Mal Aceh Selatan Serahkan Bantuan Rehab Rumah dan Fasilitas MCK Kepada Mustahik

Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma SSTP mewakili Bupati menghadiri acara penyerahan bantuan rehab Rumah dan Fasilitas MCK kepada Mustahik dalam Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022 pada acara yang berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Selasa (18/10/2022). Foto Diskominfosan Aceh Selatan
Bagikan:

“Melalui zakat, infaq dan sadaqah yang terkumpul dari para muzakki melalui Baitul Mal, telah dapat dialokasikan untuk melaksanakan kegiatan rehab rumah hingga menjadi hunian yang layak,” paparnya.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM|TAPAKTUAN – Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma SSTP mewakili Bupati menghadiri acara penyerahan bantuan rehab Rumah dan Fasilitas MCK kepada Mustahik dalam Kabupaten Aceh Selatan tahun 2022. Acara penyerahan secara simbolis ini berlangsung di Gedung Rumoh Agam, Tapaktuan, Selasa (18/10/2022).

Turut hadiri pada acara tersebut Forkopimda Aceh Selatan, para kepala SKPK, Dewan Pengawas Baitul Mal Aceh Selatan, Pimpinan Bank Aceh Syariah cabang Tapaktuan dan para undangan.

Baca Juga:  Pengumuman Tender Aceh Singkil Mundur, Perusahaan Kontruksi Pertanyakan Undangan Pembuktian Kualifikasi ULP

Dalam sambutannya mewakili Bupati, Sekda Aceh Selatan menyampaikan bahwa beberapa tahun terakhir, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dengan dukungan dari seluruh pihak terkait, melalui pelaksanaan program pro rakyat telah berupaya mewujudkan Aceh Selatan yang berkeadilan secara sosial dan ekonomi, sebagai sebuah visi pemerintah daerah, yang tertuang dalam dokumen RPJMD.

Sambungnya, salah satunya adalah melalui program yang dilaksanakan oleh Baitul Mal saat ini, yakni penyerahan bantuan rehab rumah serta penyediaan fasilitas MCK untuk masyarakat duafa di wilayah Kabupaten Aceh Selatan.

“Melalui zakat, infaq dan sadaqah yang terkumpul dari para muzakki melalui Baitul Mal, telah dapat dialokasikan untuk melaksanakan kegiatan rehab rumah hingga menjadi hunian yang layak,” paparnya.

Baca Juga:  Nasir Djamil Lakukan Kunjungan Kerja Ke Mahkamah Syar’iyah Jantho

Kepada penerima bantuan, Sekda berharap untuk tidak lupa mengucap syukur kepada Allah SWT, karena dari sekian banyak usulan yang diajukan, atas izin Allah, hanya sebagian yang terpilih sebagai penerima bantuan rehab rumah.

“Beberapa waktu lalu, Badan Pusat Statistik telah merilis data angka kemiskinan ekstrem di provinsi Aceh, dan Kabupaten Aceh Selatan menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Aceh yang telah menekan angka kemiskinan ekstrem hingga berada di bawah 1 persen,” ucap Sekda.

Disamping itu, lanjutnya, Sekda juga menyampaikan bahwa jumlah mustahik (penerima) yang mendapatkan bantuan rehab rumah dari Baitul Mal Aceh Selatan diantaranya Data rehab rumah tidak layak huni (RTLH) tahun 2022 sebanyak 58 Unit dengan nominal bantuan RTLH Rp 30.000.000/unit.

Baca Juga:  Puncak Geureutee Jadi Perhatian Serius Pj Bupati Aceh Jaya

Untuk rehab rumah ringan tahun 2022 sebanyak 16 Unit dengan nominal bantuan renovasi ringan Rp 10.000.000/unit, dan sanitasi MCK tahun 2022 sebanyak 26 Unit dengan nominal bantuan sanitasi MCK Rp 10.000.000/unit dengan jumlah total bantuan sebesar Rp 2.160.000.000,- bersumber dari dana ZIS 2022.

“Ttal keseluruhan rumah yang telah direhab oleh Baitul Mal Kabupatem Aceh Selatan sebanyak 465 Unit periode 2013-2022,” papar Sekda Aceh Selatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.