Bambang dan Salsabila Terpilih Sebagai Duta Wisata Aceh Selatan Tahun 2022

Bambang Lesmana dan Salsabila berhasil terpilih sebagai Agam-Inong Duta wisata Aceh Selatan Tahun 2022 dengan menyisihkan beberapa finalis lain sesuai hasil penilaian Tim Juri secara objektif, Selasa (24/05/2022) malam. IST
Bagikan:

ATARANNEWS.COM,TAPAKTUAN – Bambang Lesmana dan Salsabila berhasil terpilih sebagai Agam-Inong Duta wisata Aceh Selatan Tahun 2022 dengan menyisihkan beberapa finalis lain pada malam penobatan duta wisata Aceh Selatan yang berlangsung di Aula Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Selasa (24/05/2022) malam.

Berdasarkan hasil penilaian tim Juri secara objektif, keduanya dinilai memiliki kecerdasan, berbakat, jiwa sosial serta memiliki wawasan tentang kepariwasataan dan kebudayaan, bukan hanya ketampanan dan kecantikan semata. Malam penobatan duta wisata Aceh Selatan ini turut dihadiri para pendukung finalis yang masuk grand final setelah melalui proses seleksi secara kompetitif.

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan dengan juri dari berbagai kalangan. Turut di hadiri Plt Kadis Pariwisata, Muchsin ST, Plt Kadis Pendidikan yang diwakili Kabid Pendidikan serta steakholder lainnya serta para donatur kegiatan tersebut.

Bupati Aceh Selatan dalam sambutan yang dibacaka Staf Ahli Bidang Ekonomi dan pembangunan Erwiandi S.Sos,M.Si menyampaikan bahwa Aceh Selatan memiliki keanekaragaman daya tarik wisata, jika dikembangkan secara menyeluruh dan terpadu, dapat menjadi aset dan potensi wisata yang mampu menarik kunjungan para wisatawan ke Aceh Selatan.

Baca Juga:  KUA Kecamatan Tapaktuan Gelar Kegiatan Manasik Haji Tahun 1443 H

“Apalagi di era digitalisasi saat ini, mengharuskan kita untuk mampu menghadapi persaingan di segala bidang, tak terkecuali dalam bidang Pariwisata,” kata Bupati Aceh Selatan melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Erwiandi, S.Sos, M.Si.

Lebih lanjut Bupati menambahkan, peranan sumber daya manusia sangat strategis dibutuhkan untuk bisa menciptakan nuansa tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah. Untuk itu, lanjut Bupati, dibutuhkan strategi melalui persiapan dan pembinaan yang matang dengan meningkatkan kemampuan SDM pelaku wisata.

“Khususnya putera-puteri sebagai duta wisata Agam – Inong Kabupaten Aceh Selatan yang sekaligus sebagai upaya menumbuhkembangkan kecintaan generasi muda pada kegiatan kepariwisataan dan seni budaya Aceh Selatan,” papar Bupati Aceh Selatan.

Plt Kadis Pariwisata Kabupaten Aceh Selatan, Muchsin ST dalam laporanya menyampaikan bahwa, berkat dukungan semua pihak Pariwisata Aceh Selatan dapat dikenal luas oleh masyarakat.

Hal tersebut terbukti dengan perolehan juara 1 katagori dataran tinggi Sigantang Sira dan juara 1 katagori Destinasi Kreatif Anjungan Tapak Tuan Tapa dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021dan menyusul 2 Destinasi Wisata lagi masuk katagori API 2022, Pulau Dua dan Benteng Trumon.

Baca Juga:  Sastra : Kumpulan Surat Cinta untuk Pararadja

“Selain itu, Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan sangat mendukung pelaksanaan pemilihan Agam – Inong duta wisata sebagai salah satu bentuk Pemasaran Pariwisata (marketing tourism) di Kabupaten Aceh Selatan.

Hal ini mengingat upaya mewujudkan parawisata yang berkelanjutan, diperlukan SDM yang berkualitas, sehingga dapat berpartisipasi dan berperan aktif dalam pembangunan kepariwisataan yang mampu bersaing dan bersanding dengan destinasi wisata lain di Indonesia,” ungkapnya.

Dengan terpilihnya Agam- Inong duta wisata Aceh Selatan ini, Muchsin berharap dapat dijadikan sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam bertukar pikiran dan berkarya dalam pengembangan kepariwisataan.

Untuk itu, melalui ajang ini diharapkan dapat melahirkan generasi yang kreatif dan inovatif sehingga mampu menjadi Agam – Inong duta wisata dan budaya yang mempromosikan Aceh Selatan ke publik, melalui media sosial yang ada sesuai dengan konsep kekinian era digitalisasi.

“Dan yang tak kalah penting, Agam – Inong sebagai duta wisata Aceh Selatan yang terpilih nantinya akan di ikut sertakan dalam ajang pemilihan Agam – Inong tingkat Provinsi Aceh, mewakili Aceh Selatan,” pungkasnya.(*)

Baca Juga:  Melalui Program Light Up The Dream, Dua Keluarga Kurang Mampu di Simeulue Dapat Bantuan Pemasangan Listrik Gratis

BIODATA AGAM

Nama : Bambang Lesmana Dwi Putra

Umur : 20 Tahun

Kuliah/Kerja : Kuliah

Alamat : Dusun Bahagia, Desa Balai, Kecamatan Samadua

Nama Ayah : Busra

Pekerjaan Ayah : PNS

Nama Ibu : Murryanti

Perkerjaan Ibu : IRT

 

BIODATA INONG

Nama : Sal Sabila

Umur : 20 th

Kuliah/Kerja : Mahasiswa ilmu tanah

Alamat : Jln Cempaka, Ds. Hulu, Lhokbenhkuang, Tapaktuan, Aceh Selatan

Nama Ayah : Syukri DN

Pekerjaan Ayah : PNS

Nama Ibu : Chairiah

Perkerjaan Ibu: PNS

 

Hasil akhir pemilihan Agam Inong Duta Wisata Kabupaten Aceh Selatan 2022 :

Juara 1 Agam : Bambang Lesmana Dwi P.

Juara 1 Inong : Sal Sabila

Wakil I Agam : Satria Liswanda

Wakil I Inong : Cut Tamara Fala Junah

Wakil II Agam : Aulia Ramadhana

Wakil II Inong : Safwa Karmila

Agam Ekonomi Kreatif: Johandry Away

Inong Ekonomi Kreatif: Cut Fitri Yani

Agam Favorit : Juli Surasmanto

Inong Favorit : Delvi Afnijar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.