Bangun Kesolidan dan Sinergitas, Kodim 0107/Aceh Selatan Jaring Mitra Karib

Mewakili Dandim 0107 Aceh Selatan, Pasi Teritorial Kapten Inf Junaidi menyerahkan paket tali asih kepada perwakilan masyarakat saat jaring mitra Karib. ANTARAN / DIRMAN J.
Bagikan:

“Langkah pembinaan mitra karib ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan di wilayah masing-masing. Memberi data dan informasi up to date dan membentuk jaringan (network) yang luas untuk kepentingan masyarakat dan keamanan wilayah,” cetus Junaidi.

Jurnalis : Dirman J

ANTARAN|TAPAKTUAN – Membangun kesolidan melalui pembinaan jaringan Mitra Karib Komando Distrik Militer (Kodim) 0107/ Aceh Selatan tingkatkan optimalisasi kemampuan deteksi dini, cegah dini, temu cepat dan lapor cepat bagi aparat Koordinator Wilayah (Kowil) dalam menjaga keutuhan tanah air.

Pantauan antarannews.com, kegiatan jaring Mitra Karib Kodim Aceh Selatan berlangsung di Aula Makodim, Lhok Bengkuang, Tapaktuan, Kamis (16/3/2023), dihadiri tokoh masyarakat dan elemen berkompeten.

Baca Juga:  Babinsa Koramil 06/Kluet Utara Turun ke Sawah Bantu Petani Panen Padi

Komandan Kodim (Dandim) Aceh Selatan, Letkol ARH. Helmy Ariansyah, SE melalui Pasi Teritorial Kapten Inf Junaidi dihadapan tokoh masyarakat menyebutkan, Undang-undang Ri Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI diatur tugas pokok, salah satunya Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Kegiatan pemberdayaan wilayah pertahanan dalam rangka mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh untuk kepentingan pertahanan Negara. TNI berkewajiban menjaga kondisi dinamis masyarakat, berbangsa dan bernegara dari ancaman separatis, terorisme, radikalisme, konflik komual, isu politik nasional dan lokal,” ujar Junaidi membawa teks Dandim.

Baca Juga:  Kodim Aceh Selatan Nonton Bareng Apresiasi Untuk Media Bersama Merawat Kebangsaan

Oleh karena itu, kata Junaidi, setiap aparat komando kewilayahan harus memiliki kemampuan temu cepat dan lapor cepat, mendeteksi suatu masalah yang timbul agar diantisipasi dengan baik dan tepat.

“Langkah pembinaan mitra karib ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan di wilayah masing-masing. Memberi data dan informasi up to date dan membentuk jaringan (network) yang luas untuk kepentingan masyarakat dan keamanan wilayah,” cetus Junaidi.

Baca Juga:  HMI Abdya Dukung Gagasan DPRA Usung Putra Aceh Sebagai Pj Gubernur

Ia menambahkan, tanpa mitra karib, besar kemungkinan tidak terbentuk komunikasi yang baik dan relevan dalam mengantisipati masalah, solid dan terintegritas.

“Tujuan mukhlak, mengupayakan pengumpulan informasi guna memelihara stabilitas ipoleksusbudhankam di wilayah. Mengantisipasi timbulnya ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di wilayah. Dan membangun citra positif pembinaan territorial dalam mengatasi berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat,” pungkas Junaidi.

Pembinaan mitra karib disertai penyampaian saran pendapat yang dibingkis dalam geliat tanya jawab dan penyerahan bingkisan sembako sebagai tali asih serta foto bareng.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.