Banjir di Agara, Hubungan Kutacane -Blangkejeren Lumpuh

Rumah warga kute Pulonas Baru kecamatan Lawe Bulan terendam banjir akibat meluapnya sungai kali bulan ,paska diguyur hujan lebat pada Senin (13/11) malam. ANTARAN / Foto Ist
Bagikan:

Jurnalis : Fandi

ANTARAN|KUTACANE – Hubungan Kutacane – Blangkejeren, Gayo Lues dilaporkan lumpuh, setelah hujan deras mengguyur kawasan pegunungan di kecamatan Ketambe hingga mengakibatkan banjir pada Senin (13/11/2023) malam.

Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Nazmi Desky Senin (13/11) malam membenarkan, banjir yang terjadi di kute (desa) Bukit Baru desa hasil pemekaran Jambur Lak-lak kecamatan Ketambe memasuki magrib tersebut, menyebabkan hubungan Kutacane Aceh Tenggara – Blangkejeren Gayo Lues lumpuh total.

Pasalnya, jembatan di ruas jalan nasional batas Gayo Lues -Kutacane tersebut tersebut tersumbat kerikil, pasir dan berbatuan yang turun dari kawasan perbukitan, akibatnya sungai kecil di ruas jalan tersebut mengalir dari atas jembatan dan membuat jalan nasional tak bisa dilewati kendaraan roda empat dan roda dua.

Baca Juga:  Memeriahkan 17 Agustus, Kecamatan Teluk Dalam Gelar Pertandingan Bulutangkis

Hanafi, salah seorang warga kecamatan Ketambe menambahkan, hujan yang menyebabkan banjir dan tersumbatnya jembatan pada ruas jalan nasional di kute (desa) Bukit Baru, akibat kawasan pegunungan di Bukit Barisan sejak maghrib diguyur hujan lebat dan menyebabkan debit air bertambah.

“Akibatnya material berupa batu, pasir, kerikil dan tanah turun dibawa anak sungai hingga menyebabkan jalan nasional dan pemukiman penduduk terendam banjir,” ungkapnya.

Bahkan saat ini, kata Hanafi lagi, mopen, mobil barang dan mobil pribadi dari arah Blangkejeren Gayo Lues menuju Kutacane Aceh Tenggara dan sebaliknya, tertahan dan tak bisa lewat akibat jalan nasional masih direndam air dan material berupa batu, kerikil, tanah dan pasir, bahkan membuat jembatan Gunung Malas tersumbat.

Baca Juga:  Sekretaris Daerah Aceh Selatan Hadiri Senam Sehat Diabetes

“Kami warga disini sangat cemas melihat banjir yang menyebabkan jembatan tersumbat dan beberapa rumah warga Bukit Baru terendam,” timpal Rajib warga Ketambe lainnya.

Pasalnya sampai pukul 21.00 wib, hujan lebat masih mengguyur wilayah kecamatan Ketambe. Namun demikian, berharap hujan segera reda agar petugas bisa membersihkan badan jalan yang tertimbun material yang turun dari kawasan perbukitan.

Jembatan Barung Putus

Pantauan Antaran, Selain banjir di Bukit Baru kecamatan Ketambe yang mengakibatkan jalan nasional Kutacane- Batas Gayo Lues lumpuh dan putus akibat meluapnya sungai Gunung Malas dan puluhan rumah di kute Pulonas Baru terendam akibat meluapnya sungai Lawe Bulan. Banjir akibat meluapnya sungai Alas pada Senin (13/11) malam, juga menyebabkan jembatan Barung amblas.

Baca Juga:  Dukungan Lahan Sawit Kelompok Tani Pabrik PT Ensem Diduga Tumpang Tindih

Akibatnya, hubungan Kecamatan Lawe Alas dan Darul Hasanah – Kutacane Kecamatan Babussalam putus total, karena jembatan di bagian barat amblas dan menimbulkan lubang besar menganga hingga membuat kendaraan roda dua, toda tiga dan dan roda empat serta pejalan kaki tak bisa melintas.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.