Banjir Kiriman Hantam Trumon, Aceh Selatan, Rengut Nyawa Balita

Warga berupaya menyelamatkan korban yang kritis untuk dilarikan ke Puskesmas. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

Banjir kiriman akibat meluapnya sungai Lai pSeroya, Gelombang, Sultan Daulat, Kota Subulussalam terus naik dan meluas di Trumon Tengah. Akibatnya, seorang Balita meninggal dunia,” kata Camat Trumon Tengah, Lukman Hakim.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN | TAPAKTUAN – Diterpa banjir kiriman di kawasan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, seorang Bayi Lima Tahun (Balita) berumur 1,5 tahun meninggal dunia akibat terjatuh ke dalam air, Jum’at (17/11/2023) sekira pukul 07.40 wib.

Camat Trumon Tengah, Lukman Hakim yang dikonfirmasi antaran menyebutkan, saat ini ketinggian air di lokasi banjir mencapai 50 sampai 80 centimeter. Sebanyak 21 Kepala Keluarga mengungsi ke Mako Brimob Trumon Timur.

Baca Juga:  Terkait Teror Buaya di Krueng Itam, BKSDA Aceh Sudah Turunkan Tim

Banjir kiriman akibat meluapnya sungai Lai Seroya, Gelombang, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam terus naik dan meluas di Trumon Tengah. Akibatnya, seorang Balita meninggal dunia,” kata Camat Trumon Tengah, Lukman Hakim.

Disampaikan camat, korban meninggal dunia atas nama Zaid (1,5) tahun, penduduk Dusun Darussalam, Gampong (desa) Lhok Raya, Trumon Tengah.

Kronologi kejadian, bayi naas tersebut diduga terjatuh dari rumah dan kecebur dalam air saat peristiwa banjir menerpa, diperkirakan terjadi pada pukul 07.40 WIB hingga henazah korban ditemukan dalam kondisi kritis, papar Lukman Hakim.

Baca Juga:  Wamenkominfo Nezar Patria Harapkan Diplomasi Kuliner Aceh Diperluas

Ditengah kepungan banjir, korban dilarikan ke Puskesmas Ladang Rimba. Namun jiwanya tidak tertolong lagi. Rencananya, tambah Lukman Hakim, jenazah korban difardhu kipayahkan (dimakamkan) di gampong Ie Jeureneuh, kecamatan setempat.

Dikatakan Camat Trumon Tengah, hingga saat ini permukaan banjir merinsut naik hingga memasuki Gampong Cot Bayu.

“Kami prediksikan, akibat banjir kiriman, jumlah pengunsi akan mengalami lonjakan. Kami terus memantau perkembangan dan suasana banjir,” ulasnya.

Baca Juga:  Nelayan Bakongan Timur Dilaporkan Hilang Saat Melaut

Sebelumnya, peristiwa banjir kiriman juga terjadi di wilayah Trumon Timur, Kamis (16/11/2023) kemarin. Namun sudah mengering dan berdampak luas ke kecamatan Trumon Tengah.

“Kemarin wilayah Trumon Timur juga banjir kiriman yang bersumber meluapnya sungai Lai Seroya, Gelombang. Alhamdulillah sudah surut dan mengering,” ujar Camat Trumon Timur, Husen. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.