Bantu Pemulihan Ekonomi Korban Banjir, HM Salim Fakhry Bawa 3 Dirjen Kementan ke Agara

Anggota Komisi IV DPR RI, HM Salim Fakhry bersama Pj Bupati Syakir dan rombongan dari Kementerian Pertanian, turun ke lapangan dan menemui petani yang jadi korban banjir sungai di Aceh Tenggara. ANTARAN / Amran
Bagikan:

“Insya Allah dalam dua atau tiga minggu ke depan bantuan pada korban terdampak banjir akan direalisasikan,” janji Salim Fakhry yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Aceh Tenggara.

Jurnalis : Amran

ANTARAN|KUTACANE – Sebagai bentuk kepedulian terhadap nasib warga terdampak banjir sungai, anggota Komisi IV DPR RI, H M Salim Fakhry SE, MM RI mengajak tiga Direktur Kementerian Pertanian (Kementan), untuk membantu korban banjir di Aceh Tenggara, Sabtu (09/09/2023).

Tiga direktur dari Kementan RI yang dibawa datang ke Aceh Tenggara meninjau berbagai lokasi yang sebelumnya merupakan wilayah terdampak banjir yakni, Direktur PPL, Ir. Baginda Siagian, Direktur Perbenihan Tanaman pangan, Yudi Satro, Direktur Irigasi dan Air Hermanto.

Baca Juga:  Harga Sawit di Abdya Masih Dibawah Rp 1.700/kg

Selama di Aceh Tenggara, ketiga direktur bersama Pj Bupati Syakir, Forkopimda, Plt Sekdakab Yusrizal ST, OPD serta para camat dan rombongan, langsung meninjau sejumlah lokasi korban yang terdampak banjir. Hasil peninjuan itu, akan disampaikan kepada Kementan RI.

“Insya Allah dalam dua atau tiga minggu ke depan bantuan pada korban terdampak banjir akan direalisasikan,” janji Salim Fakhry yang juga Ketua DPD II Partai Golkar Aceh Tenggara.

Akibat banjir sungai terjadi pada 23 desa di 6 kecamatan, ujar Fakhry, lebih 800 hektar lahan maupun tanaman padi dan jagung yang rusak dan gagal panen.

Baca Juga:  Dari 184 Pendaftar, 65 Tidak Memenuhi Syarat, Pabanrim Polres Aceh Selatan Tutup Penerimaan Polri

Untuk meringankan beban petani yang mengalami kerugian akibat musibah banjir beberapa minggu yang lalu, Kementerian Pertanian melalui 3 Dirjennya akan memberikan bantuan.

Bantuan tersebut, lanjutnya, berupa bibit jagung seberat 500 ton, bibit padi seberat 1.000 ton, Embung desa untuk saluran ketahanan pangan sebanyak delapan embung, pupuk, obat obatan.

“Selain itu juga bantuan hand traktor, bantuan roda dua, serta perbaikan saluran air Desa Lawe Hijo Ampera yang nantinya akan dibantu sebesar Rp 75 juta serta bantuan lainnya,” kata Salim Fakhry.

Samsuri, tokoh pemuda Agara, menyampaikan ucapan terima kasih kepada H M Salim Fakhry yang sangat peduli terhadap nasib rakyat kecil yang banyak mengalami kerugian akibat musibah banjir sungai yang terjadi di kecamatan Bambel, Lawe Sumur, Semadam, Bukit Tusam dan beberapa kecamatan lainnya.

Baca Juga:  Kembali Terkoreksi Pagi Ini, Harga TBS Sawit Semakin Terpuruk

Selain ucapan terimakasih kepada anggota Komisi IV DPR RI, HM Salim Fakhry yang telah mendatangkan 3 direktur di Kementerian Pertanian, warga di Kecamatan Bambel dan Lawe Sumur serta warga kecamatan lainnya, berharap Pj Bupati Drs Syakir M.Si, Ketua DPRK Deni F Roza serta H Irmawan, anggota DPR RI lainnya, agar lebih pro aktif lagi mendatangkan proyek pengendalian banjir dan pengamanan tebing sungai Lawe Kinga, Lawe Kisam dan sungai lainnya, demi terbebasnya beberapa kecamatan tersebut dari langgan banjir.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.