Baru 5 Parlok Miliki Akun Sipol, Ini Nama Partainya

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Munawarsyah.
Bagikan:

“Kita disini hanya menangani pembukaan akun Sipol untuk Parlok, kalau Parnas itu langsung ke KPU Pusat,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Munawarsyah.

Jurnalis: Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|BANDA ACEH – Sampai sejauh ini baru 5 partai lokal yang sudah memiliki akun Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Pemilu 2024, dari 17 Parlok yang memiliki badan hukum dan kini masih terdaftar di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Aceh.

Demikian keterangan tersebut disampaikan, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh, Munawarsyah kepada antarannews.com, Senin (04/07/2022).

“Sipol ini sangat penting dimiliki partai Politik. Karena semua menyangkut soal partai yang akan mengikuti Pemilu 2024 akan dilakukan melalui akun Sipol. Kalau tidak ada akun Sipol, maka partai itu akan sulit dalam melakukan pendaftaran sebagai peserta Pemilu nantinya,” ujar Munawarsyah, pria yang akrab disapa Ustad Munawar ini.

Baca Juga:  Wakili Pj Bupati, Asisten III Aceh Selatan Hadiri Santunan Yatim-Yatimah Lawe Cimanok

Terkait pengajuan pendaftaran pembukaan akun Sipol, katanya, khusus untuk Parlok akan dilakukan di KIP Aceh, sedangkan Partai Nasional (Parnas) langsung ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. “Kita disini hanya menangani pembukaan akun Sipol untuk Parlok, kalau Parnas itu langsung ke KPU Pusat,” katanya.

Dikatakan, dari 17 Parlok yang memilki badan hukum dan masih terdaftar di Kanwil Kemenkumham Aceh, selama ini hanya 8 Parlok yang masih sering melakukan komunikasi dengan pihaknya. “Sedangkan 9 Parlok lainnya nyaris tidak pernah melakukan komunikasi,” ungkap Ustad Munawar.

Baca Juga:  Saat Rakerda, Pj Bupati Simeulue Sampaikan Terimakasih Kepada Kementan RI

Adapun, 8 Parlok yang masih sering melakukan komunikasi dengan KIP Aceh itu antara lain, Partai Generasi Aceh Beusaboh Taat dan Taqwa (Gabthat), Partai Aceh (PA), Partai Nanggroe Aceh (PNA), Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh (SIRA), Partai Islam Aceh (PIA), Partai Adil Sejahtera (PAS) Aceh, Partai Darul Aceh (PDA), dan Partai Amanah Rakyat (PAR).

Dijelaskan, dari 8 Parlok tersebut yang sudah memiliki akun Sipol hanya 5 partai yaitu, PAS Aceh, PA, Partai Gabthat, Partai SIRA, dan PIA. Sedangkan, tiga Parlok lainya, ungkap Munawarsyah, meskipun selama ini sering menjalin komunikasi, namun sejauh belum mengajukan permohonan untuk pembuatan akun Sipol yaitu, PNA, PDA dan PAR.

Baca Juga:  Bawaslu Umumkan 3 Anggota Panwaslih Gayo Lues

“Kita mengharapkan seluruh parlok yang belum mengajukan permohan pendaftaran aku Sipol, supaya segera dilakukan dalam waktu dekat. Karena nanti jangan menjadi persoalan ketika dilakukan pendaftaran dan verifikasi partai,” harap Munawarsyah.

Berikut dijelaskan, 17 Parlok yang memiliki badan hukum dan terdaftar di Kanwil Kemenkumham Aceh adalah, PA, PNA, Partai SIRA, PDA, PIA, PAS Aceh, Partai Gabthat, Partai Aliansi Rakyat Aceh Peduli Perempuan (PARA), dan Partai Lokal Aceh (PLA).

Lalu, Partai Bersatu Atjeh (PBA), Partai Aceh Meudaulat (PAM), Partai Pemersatu Muslimin Aceh (PPMA), Partai Darussalam, Partai Rakyat Aceh (PRA), Partai Damai Aceh, Partai Gabungan Rakyat Aceh Mandiri (GRAM), serta Partai Daulat Aceh.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.