Begini Alur Pendaftaran Balon Bupati/Wakil bupati Pilkada 2024 di PKB

Ketua DPC PKB Aceh Selatan, Hernanda Thahir. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Bagi PKB punya strategi dan tahapan tersendiri dalam menjaring Balon Bupati/Wakil bupati pada Pilkada 2024 mendatang,” kata Hernanda Thahir. 

Jurnalis: Sudirman Hamid.

ANTARAN | TAPAKTUAN – Menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024, para figur atau Bakal Calon (Balon) bupati dan wakil bupati mulai sibuk mendekatkan diri dengan Partai Politik (Parpol) untuk memperoleh dukungan.

Ditengah kegambangan, upaya dan tebar pesona para kandidat, sejenak kita lirik tatacara alur pendaftaran menjadi Balon kepala daerah, Gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) melalui online.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang-Partai Kebangkitan Bangsa (DPC-PKB) Kabupaten Aceh Selatan, Hernanda Thahir mengungkapkan, bagi PKB ada tatacara sendiri dalam penjaringan Balon Gubernur/wakil gubernur dan bupati/wakil bupati di seluruh Indonesia.

Baca Juga:  Awali Tugas, Petugas Pos Pelayanan Ops Ketupat Selawah 2023 Gelar Apel Pagi

“Kandidat yang mau diusung PKB harus melalui proses pendaftaran, tidak terkecuali di Kabupaten Aceh Selatan, kendatipun hanya memperoleh dua kursi dalam penetapan Pleno KIP untuk periode 2024-2029,” ujar Hernanda Thahir kepada antaran, Rabu (24/4/2024).

Cak Imin saat launching pembukaan pendaftaran Balon kepala daerah. ANTARAN/Istimewa.

Ia mengatakan, cara pendaftaran tidak terlalu sulit. Langkah pertama membuka Website: sicakada.pkb.id. Lalu membuat akun dengan klik *Continue With Google*. Kemudian mengisi seluruh daftar isian yang dipapar.

Hernanda Thahir meneruskan, point ke empat klik menu *Download Formulir* kemudian print out dan ditandatangani oleh pendaftar.

Formulir yang sudah ditandatangan di scan pdf dan di upload di Web SICAKADA PKB lalu dokumen fisik diserahkan ke Desk Pilkada Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) sesuai daerahnya (untuk Cagub/Cawagub) atau ke Desk Pilkada DPC sesuai daerah (untuk Cabup/Cawabup dan Cawalkot/Cawawalkot).

Baca Juga:  Pj Bupati Gayo Lues Bawa alat Berat ke Pedalaman Lesten

Pendaftar menyampaikan konfirmasi pendaftaran kepada Desk Pilkada DPW/DPC setempat dengan menyerahkan formulir yang sudah ditandatangani pendaftar (hasil download dari Web SICAKADA PKB) melampirkan Foto Copy KTP dan Foto Copy Ijazah terakhir.

Desk Pilkada DPW/DPC menerima pendaftaran calon dan menekan tombol TERIMA di Dashboard DPW/DPC di Web SICAKADA PKB.

Pada saat Desk Pilkada DPW/DPC menekan tombol TERIMA, pendaftar mendapatkan tanda terima secara elektronik yang dikirim ke email pendaftar. Seterusnya, Desk Pilkada DPW/DPC mencetak tanda terima, ditandatangani oleh petugas yang menerima dan dibubuhi stempel Desk Pilkada.

Baca Juga:  Operasi Ketupat 2024, Polri Siagakan 5.784 Pos Pelayanan Bagi Pemudik

Sesuai arahan dan instruksi DPP PKB, Desk Pilkada DPW/DPC memfasilitasi perangkat yang dibutuhkan untuk pengisian pendaftaran online apabila terdapat pendaftar yang datang ke DPW/DPC tetapi belum melakukan pendaftaran online.

Hernanda Thahir berharap, informasi ini dapat mempermudah para kandidat untuk mendaftar secara online atau meminta bantuan Desk Pilkada masing-masing daerah. Ketua Desk Pilkada Aceh Selatan ditugaskan Muhammad Hamra. Pendaftaran sudah dimulai sejak Sabtu, tanggal 20 April 2024.

“Walaupun kami meraih dua kursi di DPRK Aceh Selatan, namun akan menjadi kekuatan besar jika digabungkan dalam koalisi yang kompak, bekerja sama dan sama-sama berjuang memenangkan pesta Pilkada Aceh Selatan,” pungkas Hernanda Thahir. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.