Begini Persyaratan dan Tahapan Rekrutmen Komisioner Panwaslih Zona IV

Peserta sosialisasi rekrutmen calon komisioner Panwaslih mengikuti secara serius pemaparan Tim Seleksi di Aula Saung Bambu, Tapaktuan. ANTARAN/ Foto Istimewa.
Bagikan:

“Selain persyaratan mutlak, proses seleksi dilaksanakan tiga tahapan untuk menentukan calon komisioner Panwaslih zona IV,” kata Wais Al Qarni, S.IP, MA. 

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Tim Seleksi calon komisioner Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Zona IV Provinsi Aceh (Aceh Selatan, Kota Subulussalam, Aceh Singkil, Simeulue dan Aceh Tenggara menggelar sosialisasi dengan elemen masyarakat dan media masa di Saung Bambu Koki, Lhok Keutapang, Kecamatan Tapaktuan, Sabtu (27/5/2023).

Ketua Tim Seleksi, Wais Al Qarni, S.IP, MA di hadapan peserta memaparkan secara detail persyaratan dan tahapan serta jadwal penerimaan berkas pencalonan komisioner Panwaslih zona IV.

“Selain persyaratan mutlak, proses seleksi dilaksanakan tiga tahapan untuk menentukan calon komisioner Panwaslih zona IV. Begitu juga jadwal penerimaan pemberkasan sesuai agenda yang ditetapkan,” kata Wais Al Qarni, S.IP, MA.

Baca Juga:  Kerja Keras, Setahun Warga Lhok Pawoh Mampu Membangun Masjid Baru

Didampingi sekretarisnya, dr. Reza Arsalan, ketua tim seleksi menyampaikan jadwal penerimaan pendaftaran calon komisioner. Mulai menerima berkas pendaftaran seleksi hari Senin, 29 Mei sampai Rabu tanggal 7 Juni 2023 di sekretariatan Hotel Dian Rana, Tapaktuan.

Ia menjabarkan persyaratan calon yang sudah ditetapkan KPU. Diantaranya; Warga Negara Indonesia, Berusia paling rendah 30 tahun, Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara, Undang- Undang Dasar Negara

Republik Indonesia Tahun 1945 UUD 1945), Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selanjutnya, setia Bhinneka Tunggal Ika, dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

Mempunyai integritas, Berkepribadian yang kuat, jujur dan adil. Memiliki kemampuan dan keahlian yang berkaitan dengan Penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawasan Pemilu.

Seterusnya, ulas Wais Al Qarni, Berpendidikan paling rendah sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat, Berdomisili di wilayah Kabupaten/Kota yang bersangkutan, dan dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca Juga:  Banyak Pengendara Sepmor di Abdya tak Gunakan Helm

Mampu secara jasmani, rohani, dan bebas dari penyalahgunaan narkotika, Mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar sebagai calon, terangnya.

Turut disampaikan, Pembentukan Panwaslih Kabupaten/Kota pada Zona IV, berdasarkan Keputusan Bawaslu RI Nomor 176/HK.01.01/K1/05/2023 atas kewenangan yang diberikan oleh Undang undang Nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan Umum.

“Didasari Keputusan Bawaslu RI, kami mengundang saudara-saudari untuk mensosialisasikan tatanan seleksi calon komisioner Zona IV, agar tidak gagal paham dan bisa disebarluaskan secara berantai ke ruang publik,” ungkapnya.

Menurut tim seleksi, berkas dan persyaratan calon akan dilakukan pendaftaran lanjutan, sebelum bertolak ke tiga tahapan pemilihan calon komisioner Panwaslih. Tugas-tugas itu akan dilaksanakan secara profesional dan terbuka.

Baca Juga:  Satu Unit Rumah Warga Bener Meriah Hangus Dilahap Api

Langkah seleksi menapaki tiga tahapan. Tahap Pertama; penelitian atas kelengkapan, keabsahan, dan legalitas berkas administrasi bakal calon.

Lalu membungkus tahap kedua; Seleksi penetapan nama-nama calon yang berhak mengikuti tes tertulis dan psikologi.

Tahapan terakhir, tim seleksi membuat berita acara penetapan hasil Pemilihan berkas administrasi bakal calon. Proses lain, tim seleksi memberikan atau menyediakan contoh-contoh formulir untuk melengkapi bahan administrasi calon.

Pantauan antaran, elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan sosialisasi meliputi; perwakilan PWI Aceh Selatan, KNPI, HMI, STAI Aceh Selatan, Nahdatul Ulama, Muhammadiyah, awak media, PMI, Politeknik, Poltekkes, Tokoh masyarakat, Ulama, MD KAHMI, Kohati HMI, Perwakilan perempuan, tokoh Adat, tokoh pemuda dan lain-lain.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.