Benteng Batee Trumon, Dandim 0107 Aceh Selatan : Ini Bukti Kejayaan Aceh Selatan Tempo Dulu

Dandim 0107/ Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom, mengunjungi Banteng Batee Trumon yang merupakan salah satu situs cagar budaya sebagai bukti sejarah Kerajaan Trumon yang terletak di Desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (5/6/2022). ANTARAN / HUSNI
Bagikan:

Dari berbagai sumber diketahui, bahwa uang pertama dicetak di Portugal, lalu atas seizin kerajaan Portugal saat itu, kerajaan Trumon meniru uang tersebut dan dicetak menjadi mata uang Trumon, mata uang tersebut tak hanya berlaku di kerajaan Aceh, tapi juga diakui dunia.

ANTARANNEWS.COM,TAPAKTUAN – Benteng Batee Trumon merupakan salah satu situs cagar budaya sebagai bukti sejarah Kerajaan Trumon yang terletak di Desa Keude Trumon, Kecamatan Trumon Tengah, Kabupaten Aceh Selatan.

Berdasarkan fakta sejarah, benteng Batee Trumon dibangun pada tanggal 11 Agustus 1770 sampai dengan tanggal 8 Agustus 1802 pada masa pemerintahan Teuku Raja Jakfar dan diteruskan oleh anaknya Teuku Raja Bujang.

Kini situs bersejarah itu masih berdiri megah walau telah usang dimakan zaman. Di dalam benteng terdapat salah satu bangunan penting yang digunakan sebagai tempat percetakan uang kerajaan Trumon sendiri pada masa itu.

Dari berbagai sumber diketahui, bahwa uang pertama dicetak di Portugal, lalu atas seizin kerajaan Portugal saat itu, kerajaan Trumon meniru uang tersebut dan dicetak menjadi mata uang Trumon, mata uang tersebut tak hanya berlaku di kerajaan Aceh, tapi juga diakui dunia.

Rupanya kisah demi kisah tentang Benteng Batee Trumon yang saat ini masuk dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2022 itu menimbulkan apresiasi dan dukungan yang positif bagi Dandim 0107/ Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom.

Baca Juga:  Kejari Abdya Berikan Penyuluhan Hukum Kepada Pelaku UMKM

Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards merupakan rangkaian kegiatan tahunan tingkat nasional yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Disamping itu juga, bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak dalam mempromosikan dan mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di daerah masing-masing.

Dandim 0107/ Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf M. Yusuf, S.I.Kom, didampingi beberapa prajurit Kodim 0107/Aceh Selatan, Minggu (5/6/2022), sengaja menyempatkan waktu untuk melihat langsung situs bersejarah yang masyhur itu.

Perjalanan menuju Benteng Batee Trumon atau yang kerap disebut Benteng Trumon dimulai berangkat dari Makoramil Trumon dengan menggunakan sepeda motor trail.

Sesampainya di benteng, Dandim langsung mengecek detail bangunan tersebut hingga masuk ke dalam bangunan tempat percetakan uang kerajaan Trumon. Keuchik Keude Trumon Musliadi langsung menjelaskan terkait situs bersejarah itu secara panjang lebar kepada Dandim.

Sembari menghela nafas yang dalam, Dandim lalu mengeluarkan satu kalimat, “Benteng Trumon ini merupakan bukti kejayaan Aceh Selatan tempo dulu” sontak saja ucapan orang nomor satu di Distrik Militer 0107 / Aceh Selatan ini membuat suasana hening untuk sesaat.

Lalu Dandim melanjutkan ucapannya, berdasarkan fakta sejarah, para leluhur kita di Aceh Selatan khususnya di Kerajaan Trumon ini dulu berada pada puncak kejayaan. Hasil alam melimpah baik di darat maupun di laut, dengan teknologi seadanya mereka dapat bersaing dengan kerajaan lainnya hingga mencapai kejayaan serta ditakuti lawan-lawannya.

Baca Juga:  Satlantas Polres Abdya Berikan Edukasi Tertib Lalulintas Kepada Keuchik

Dandim melanjutkan, kondisi ini tentu saja berbanding terbalik dengan kita saat ini dimana kemajuan teknologi dan kemudahan akses lainnya tidak benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik dalam meraih keberhasilan terutama kesejahteraan.

“Kita harus bekerja lebih keras dari para pendahulu kita di Trumon ini, banyak sumber daya alam yang dapat sepenuhnya kita manfaatkan dengan tetap melestarikan lingkungan, jika pendahulu kita bisa masyhur hingga pelosok dunia kenapa kita tidak bisa, caranya hanyalah mau bekerja keras, disiplin dan berdoa,” ucapnya.

Dandim melanjutkan, saat ini situs bersejarah benteng Batee Trumon atau Benteng Trumon telah terpilih dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award. Ini merupakan kebanggaan masyarakat Aceh Selatan.

Untuk itu ia meminta agar seluruh masyarakat dan semua pihak terkait agar membantu secara bersama-sama, mendukung dan meningkatkan peran serta kepedulian terhadap Benteng Trumon untuk bisa terpilih menjadi finalis dalam kompetisi API demi mengharumkan nama Aceh Selatan di tingkat Nasional.

“Jika kita bangga dengan peninggalan leluhur atau pendahulu kita, mari kita dukung Benteng Trumon agar lebih dikenal di tingkat nasional dan meraih juara, ini harapan kita semua,” ucapnya dengan penuh semangat

“Apabila terpilih dan meraih kemenangan dalam kompetisi tersebut, tentunya akan memberikan stimulus positif bagi masyarakat Indonesia terhadap Benteng Trumon dan terbukanya peluang pelibatan peran Pemerintah Pusat,” ungkap Dandim.

Sehingga, lanjut Dandim, akan mendorong pertumbuhan nilai potensi pariwisata di Aceh Selatan yang akan berbanding lurus dengan peningkatan roda ekonomi masyarakat. Hal ini akan memiliki implikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Baca Juga:  Meugang Lebaran Idul Fitri, Ayam Potong di Pasar Blangpidie Diburu Sejak Pagi

“Hal tersebut sejalan dengan pelaksanaan tugas Kodim 0107/Asel sesuai arahan Presiden RI pada Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2021 yaitu mendukung dan mengupayakan pemulihan ekonomi nasional dengan selalu berperan aktif dalam mendukung iklim usaha dan iklim investasi yang kondusif agar tercipta pemulihan ekonomi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” papar Dandim.

Disamping itu, lanjut Dandim, ditegaskan ulang dalam arahan Presiden RI pada Rapim TNI-Polri tahun 2022 yaitu peningkatan Transformasi Ekonomi dan Digitalisasi dengan mengubah tumpuan pertumbuhan ekonomi yang semula bertumpu pada sektor konsumsi menjadi pada sektor produksi, dalam hal ini adalah produksi potensi pariwisata yang berbasis budaya.

Bagi Dandim, benteng Batee Trumon bukan hanya sekedar situs, akan tetapi itu bukti dan simbol kejayaan Aceh Selatan di masa lampu. Ia berpesan kepada generasi muda di Aceh Selatan untuk mengenal dengan betul sejarah benteng Batee Trumon, lalu diadopsi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita tidak boleh jadi bangsa yang cengeng, sebab leluhur kita adalah orang-orang yang tangguh, yang ulet dalam berkarya, bijak dalam bersikap dan tepat dalam bertindak, saatnya generasi Aceh Selatan bangkit meraih apa yang diperjuangkan para leluhur kita, tentu saja dalam konteks kekinian dan dalam jiwa kebhinekaan,”tandasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.