Berdayakan Pemuda ASEAN, Insan Bumi Mandiri X AIESEC Buka Magang Internasional

Bagikan:

“Melalui magang internasional, kita bisa bertukar budaya, dan mahasiswa asing bisa memahami isu sosial yang terjadi di pelosok Indonesia,” tutur Gratia.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM|BANDUNG – Insan Bumi Mandiri (IBM) memulai program magang internasional pertamanya sejak 1 Oktober hingga 31 Desember 2022. Program ini dilakukan bersama AIESEC (Association Internationale des Étudiants en Sciences Economiques et Commerciales), organisasi internasional yang bertujuan untuk mengasah kepemimpinan anak muda salah satunya melalui aksi sosial.

Program perdana IBM bersama AIESEC ini diikuti oleh dua mahasiswa asal Vietnam dan Myanmar. Program ini menjadi salah satu bentuk dukungan IBM dalam pemberdayaan pemuda ASEAN. Keikutsertaan mahasiswa luar negeri dalam kerja NGO lokal menjadi kesempatan yang baik bagi kedua belah pihak.

“IBM ingin semakin banyak orang yang terlibat dalam pembangunan pedalaman, tidak hanya warga domestik, tetapi juga masyarakat global,” ucap CEO Insan Bumi Mandiri, Zulfa dalam keterangan tertulisnya yang diterima antaranews.com, Senin (24/10/2022).

Baca Juga:  Hasil Penyelidikan Dugaan Kasus Korupsi PT CA Negara Dinyatakan Rugi Hingga Rp 10 Triliun Lebih

Lebih lanjut, Zulfa mengatakan bahwa pihaknya ingin sekali membangun awareness terkait isu pedalaman kepada masyarakat global. Sebab, semakin baik awareness-nya, NTT tidak hanya bisa dibantu oleh masyarakat Indonesia, namun oleh masyarakat global juga.

“Selain itu, berinteraksi dengan mahasiswa asing juga membantu kami lebih memahami isu pedalaman mancanegara. Melalui kerja sama ini, semakin heterogen karyawan, kami harap semakin banyak ide yang bisa diolah. Tujuan akhirnya adalah keberhasilan pada program sehingga semakin banyak masyarakat pedalaman yang merasakan manfaatnya,” ungkap Zulfa.

Gratia, Member Sales and Marketing Team AIESEC juga menyambut kerjasama ini dengan baik. Menurutnya, perpaduan antara IBM dan AIESEC ini sangat cocok mengingat AIESEC juga bergerak di bidang sosial. “Melalui magang internasional, kita bisa bertukar budaya, dan mahasiswa asing bisa memahami isu sosial yang terjadi di pelosok Indonesia,” tutur Gratia.

Pernyataan Gratia sejalan dengan alasan Hana, mahasiswa asal Vietnam yang magang di Divisi Marketing IBM. Kecintaannya pada kegiatan sosial mendorong Hana untuk bergabung dengan IBM disamping aktivitasnya di AIESEC.

Baca Juga:  Dandim Aceh Selatan Salurkan Bantuan Keramik Dari Pangdam IM ke Meunasah Meukek

“Aku percaya, bergabung dengan orang-orang yang bergerak di bidang sosial akan mengantarkanku untuk bisa bekerja dengan orang-orang bertalenta dengan hati yang hangat,” ungkap Hana yang menjadikan kesempatan ini untuk keluar dari zona nyaman demi bisa berkembang.

Tanggapan antusias juga dilontarkan oleh Thiri, peserta magang asal Myanmar sekaligus anggota Divisi Marketing IBM. Menurutnya ini adalah kesempatannya untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan orang lain dari negara lain.

“Banyak sekali manfaat yang bisa saya dapatkan. Bukan hanya untuk saya sendiri, tapi juga untuk orang-orang yang nantinya akan saya bantu melalui program ini,” jelas Thiri.

Kegiatan magang dilakukan secara daring. Bersama dengan Content Marketing Team, peserta magang akan melakukan banyak diskusi terkait program dan konten marketing. Thiri bahkan sudah mulai mempersiapkan program yang akan dia lakukan untuk membantu pedalaman Indonesia melalui galang dana online.

Baca Juga:  Polres Abdya Gelar Operasi Keselamatan Seulawah 2023

Selama enam tahun, IBM telah berkontribusi dalam pembangunan pedalaman khususnya di Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sumatera Selatan. Masih banyak wilayah lainnya yang membutuhkan dukungan fasilitas kesehatan, pendidikan, transportasi, dan kebutuhan infrastruktur.

Kolaborasi antara IBM dengan AIESEC diharapkan menjadi jalan agar kebaikan semakin meluas. Tak hanya mahasiswa, Anda juga berkesempatan untuk berkontribusi dalam program-program pedalaman. Ayo berkunjung ke website insanbumimandiri.org dan Instagram @insanbumimandiri untuk ikut serta dalam program pembangunan pedalaman Indonesia!

Untuk diketahui, Insan Bumi Mandiri (IBM) merupakan sebuah lembaga filantropi yang bergerak dalam pemberdayaan masyarakat untuk membangun pedalaman Indonesia. Berdiri sejak 2016, IBM telah berhasil menyelenggarakan 1.004 program dan membantu lebih dari 163.792 masyarakat pedalaman Indonesia. Informasi lengkap bisa dilihat di insanbumimandiri.org.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.