Berikan Edukasi Tertib Lalulintas, Satlantas Polres Abdya Saweu Sikula

SAWEU SIKULA : Kasat Lantas AKP Tri Andi Dharma, SSos MSi melalui program saweu sikula memberikan edukasi kepada para siswa MTsN 4 Abdya terkait aturan tertib berlalulintas, Kamis (19/10/2023). ANTARAN / Agus
Bagikan:

“Dengan harapan bisa meminimalisir angka kecelakaan lalulintas di kalangan pelajar baik itu tingkat SMP maupun SMA sederajat,” terangnya.

Jurnalis: Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Aceh Barat Daya (Abdya), Kamis (19/10/2023) melaksanakan giat saweu sikula (mengunjungi sekolah) dalam upaya memberikan edukasi kepada para siswa terkait aturan tertib berlalulintas.

Kapolres Abdya, AKBP Dhani Catra Nugraha SH SIK MH melalui Kasat Lantas AKP Tri Andi Dharma, SSos MSi mengatakan, dalam program giat saweu sikula kali ini, pihaknya memilih MTsN 4 Abdya sebagai sasaran penyampaian edukasi tentang tertib lalulintas.

Baca Juga:  Suara Petir Menggelegar Keras, Warga Aceh Selatan Meninggal Dunia Mendadak

Tidak hanya fokus pada penyampaian tertib berlalulintas, pihaknya juga memberikan pemahaman mengenai dampak buruk penyalahgunaan narkoba serta etika dalam bersosial media.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para siswa terkait aturan tertib berlalulintas guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas (Kamseltibcarlantas).

Kamseltibcarlantas adalah situasi dan kondisi dimana penggunaan lalulintas dirasa baik dengan atau tanpa kendaraan, merasa aman karena terbebas dari rasa ketakutan,adanya ancaman hambatan maupun gangguan.

“Pengetahuan dan pemahaman mengenai aturan tertib berlalulintas memang harus disampaikan sejak dini, sehingga para generasi penerus bangsa benar-benar paham dan bisa menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:  Harga Bawang Merah Naik

Dengan harapan bisa meminimalisir angka kecelakaan lalulintas di kalangan pelajar baik itu tingkat SMP maupun SMA sederajat,” terangnya.

Penyampaian edukasi mengenai tertib lalulintas itu juga bertujuan untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Abdya.

Sehingga, melalui sosialisasi itu diharapkan siswa-siswi paham dan mau mentaati rambu-rambu lalulintas. Sebab, kasus lakalantas itu sering terjadi pada usia produktif, yaitu antara usia 15-25 tahun termasuk di dalamnya ada anak-anak sekolah.

Karenanya para pelajar harus dapat memahaminya sehingga tidak ugal-ugalan di jalan yang justru akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya Takziah Ke Rumah Korban Terseret Arus Sungai

Program saweu sikula ini akan terus dilakukan secara bertahap di sekolah-sekolah lainnya yang berada di Kabupaten Abdya, dengan tujuan supaya para pelajar semakin sadar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas.

“Sosialisasi yang dikemas dalam program saweu sikula ini sangat berguna untuk menciptakan mindset kepada para siswa dan masyarakat pada umumnya bahwa tertib berlalulintas di jalan raya selain sebagai warga negara yang taat hukum juga dapat mencegah dampak kecelakaan saat berkendaraan,” tuturnya didampingi Bripka Vernanda Satria SH.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.