Bersama Forkopimda, Pj Bupati Aceh Selatan Pantau Penyortiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP didampingi Kapolres, Dandim 0107, Ketua Panwaslih dan Ketua KIP memperlihatkan surat suara untuk mengawali penyotiran dan pelipatan. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Kami bersama Forkopimda Aceh Selatan memantau kondisi logistik Pemilu dan Pilpres 2024, beriringan dilaksanakan penyotiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KIP. Situasi selalu, normal, aman dan lancar,” kata Cut Syazalisma, S.STP.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN | TAPAKTUAN – Bersamaan dilaksanakan penyotiran dan pelipatan surat suara, Penjabat (Pj) Bupati Aceh Selatan bareng Forum Koordinasi Pimpinan Daerah melakukan pemantauan kondisi logistik Pemilu dan Pilpres 2024 di Gudang Logistik Komisi Independen Pemilihan (KIP), jalan Teungku Angkasah, Lhok Bengkuang, Tapaktuan, Senin (8/1/2024).

Pj Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP menyebutkan, pemerintah daerah bersama jajaran Forkopimda senantiasa memantau setiap perkembangan persiapan Pemilu dan Pilpres 2024, termasuk persediaan dan pengamanan logistik.

Selain keberadaan logistik dipastikan aman, jajaran Forkopimda juga mengawasi kondisi keamanan masyarakat tetap kondusif menjelang pelaksanaan pesta demokrasi.

Baca Juga:  Akibat Angin Kencang, Pohon Tumbang di Gampong Rot Tengoh

“Kami bersama Forkopimda Aceh Selatan memantau kondisi logistik Pemilu dan Pilpres 2024, beriringan dilaksanakan penyotiran dan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KIP. Situasi selalu normal, aman dan lancar,” kata Cut Syazalisma, S.STP.

Disampaikan Bupati, Daftar Pemilih Tetap (DPT) Aceh Selatan berjumlah 169.768 orang. Daftar Calon Tetap (DCT) legislatif DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 417 orang untuk meraih 30 kursi DPRK Aceh Selatan yang terdiri enam Daerah Pemilihan (Dapil).

“Iya, unsur Forkopimda harus selalu menciptakan dan memastikan suasana tetap kondusif serta terlaksananya Pemilu dan Pilpres aman, jujur, bersih dan sukses. Tugas ini kami emban bersama-sama dengan melibatkan TNI-Polri. InsyaAllah, Aceh Selatan tercipta Pemilu damai tanpa gejolak,” imbuh Cut Syazalisma.

Baca Juga:  Korban Lakalantas di Labuhanhaji Masih Jalani Perawatan

Terpisah, Ketua KIP Aceh Selatan, Kafrawi, SE menyebutkan, untuk mengejar waktu, ketepatan dan kecepatan, kami melaksanakan penyotiran dan pelipatan surat suara Pemilu dan Pilpres 2024 pada dua lokasi dengan melibatkan tenaga sekretariat dan warga terdekat, berkekuatan 30 personel.

Detail disampaikan, hari ini Senin-Selasa tanggal 8 sampai 9 Januari 2024, pelaksanaan penyotiran dan pelipatan dilaksanakan di Gudang KIP, jalan Teungku Angkasah, Lhok Bengkuang. Selanjutkan dialihkan ke lokasi representative, yaitu di Gedung Rumoh Agam, jalan Nyak Adam Kamil, Tapaktuan.

“Di Rumoh Agam, direncanakan berlangsung selama satu pekan, terhitung dari tanggal 10 sampai 17 Januari 2024 atau sampai selesai. Tugas ini tentunya dilaksanakan secara telaten, hati-hati dan cermat untuk mengantisipasi kerusakan atau untuk memilah jika ditemui kerusakan,” ungkap Kafrawi.

Untuk Aceh Selatan, sambung Ketua KIP, kita terdapat 697 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan penyediaan 3.521 Kotak suara. Total surat suara berjumlah 875.360 lembar. Disiagakan untuk Pemungutan Suara Ulang (PSU) masing-masing pemilihan sebanyak 1.000 lembar.

Baca Juga:  Umumkan Hasil Seleksi Pendaftaran Masuk Polri Terpadu, Ini Kata Kapolres Asel

“Khusus penyimpanan kotak suara, KIP Aceh Selatan hanya menyimpan kotak suara pemilihan DPRK dan Pilpres-Wapres. Sedangkan kotak suara pemilihan DPRD Provinsi, DPR-RI dan DPD-RI merupakan kewenangan penyimpanan KIP Aceh,” terang Kafrawi.

Menurut Kafrawi, dari hasil penyotiran dan pelipatan yang dilaksanakan hari ini, hanya satu surat suara mengalami kerusakan karena tersobek.

Pantauan antaran, selain Pj Bupati Cut Syazalisma juga hadir Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, S.Ik, Dandim 0107, Letkol Inf Faiq Fahmi serta Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Deri Friadi dan unsur terkait lainnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.