Bersulam Benang Kasap, Harga Pelaminan Adat Aceh Selatan Ratusan Juta

Pelaminan adat Aceh yang di pamer di Anjungan Aceh Selatan. ANTARAN/Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Bukan sekedar penampilan bersulam benang emas, harga pelaminan masing-masing adat Aceh Selatan tembus ratusan juta,” ujar Ny. Yenni Marlina.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|BANDA ACEH – Dilihat dari motif dan hasil karya bordiran khas Aceh yang bersulam benang kasab (benang emas), harganya diprediksikan mencapai ratusan juta.

Adat budaya tersebut secara lengkap dipamerkan di Anjungan Rumah Adat Aceh Selatan pada khazanah Pekan Kebudayaan Aceh (PKA)-8 Tahun 2023.

Salah seorang pemerhati kerajinan tangan dan desainer bordiran asal Jakarta, Ny. Yenni Marlina menyebutkan, tiga adat pelaminan Aceh Selatan dari tiga etnis memiliki nilai seni yang andalan. Sudah barang pasti harga tidak dibandrol murah.

Baca Juga:  Kepergok Curi Biji Kopi, Pemuda di Bener Meriah Diamankan Polisi

“Tiga adat pelaminan Aceh Selatan bukan sekedar penampilan bersulam benang emas. Dipastikan harga masing-masing pelaminan tembus ratusan juta,” ujar Ny. Yenni Marlina kepada antaran, Selasa (07/11/2023) malam.

Menurut dia, pelaminan yang menonjol dan terlengkap serta kaya nilai seni ada di Anjungan Aceh Selatan. Selain lengkap, juga terdapat tiga etnis pelaminan dengan ciri saling berbeda satu sama lain.

Pelaminan adat Etnis Kluet, Aceh Selatan. ANTARAN/Sudirman Hamid.

“Penjelasan saya terima dari panitia setempat, tiga pelaminan itu meliputi, Adat Aceh tulen, Aneuk Jamee (asal Minang Kabau) dan etnis Kluet. Iya, ramai dan pasti mahal. Hanya Aceh Selatan memiliki adat tiga etnis,” katanya.

Baca Juga:  Bupati Aceh Selatan Lepas Kontingen Jumbara PMI Menuju Aceh Tamiang

Membongkar kepastian harga masing-masing pelaminan Aceh Selatan, salah seorang panitia, Teuku Mudasir yang dikonfirmasi antaran membenarkan harganya selangit.

Namun untuk keberlangsungan hajatan perkawinan dan sunatan, masyarakat bisa menyewa dari pengusaha pelaminan atau milik usaha gampong (desa).

Pelaminan adat Aneuk Jamee, Aceh Selatan. ANTARAN/Sudirman Hamid.

“Setahu saja, membuat pelaminan adat Aceh secara lengkap bisa mencapai lebih kurang Rp 200 juta. Begitupun pelaminan adat etnis Aneuk Jamee dan Kluet tidak jauh selisih,” papar

Baca Juga:  Sawit di Abdya Terus Anjlok, Ini Harganya Sekarang

Sesuai kwalitas dan kerapian, pembordiran benang kasab juga sulit dikerjakan dan memakan waktu lama. Soal harga sudah barang tentu mahal, pungkas Teuku Mudasir.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.