Besok Sore, Azhari Dijadwalkan Dilantik Jadi Pj Walikota Subulussalam

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh, Azhari SAg cikal bakal  Pj Walikota Subulussalam. ANTARAN/Istimewa.
Bagikan:

“Surat undangan pelantikan mulai beredar di kalangan tertentu, Azhari ditunjukan sebagai Pj Walikota Subulussalam oleh Bapak Mendagri  benar adanya,” kata sumber berkompeten.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARAN|BANDA ACEH – Penjabat (Pj) Gubernur Aceh, H Bustami Hamzah dijadwalkan akan melantik Kepala Dinas (Kadis) Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Aceh, Azhari SAg sebagai Pj Walikota Subulussalam, Kamis (16/05/2024) sore besok.

Informasi berkemabang, Azhari akan menggantikan Walikota/Wakil Walikota  definitif setempat, Affan Bintang-Salmaza yang sudah berakhir masa tugas sejak 14 Mei 2024 kemarin

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Azhari salah seorang putra Nagan Raya telah ditunjuk oleh Mendagri-RI, Tito Karnavian sebagai Pj Walikota Subulussalam menggantikan pejabat definitif yang telah berakhir masa periodenya sejak dua hari lalu.

Kepastian pelantikan Pj Walikota Subulussalam berdasarkan surat undangan yang sudah beredar di tengah masyarakat lewat media sosial, sejak Rabu (15/05/2024) siang tadi.

Surat  bernomor: 100.1.4.2/5017 jelas disebutkan prihalnya terkait pelantikan Pj Walikota Subulussalam yang bersifat penting dan segera. Surat yang ditandatangani Pj Sekda Aceh, Azwardi  atas nama Gubernur tertanggal 13 Mei 2024.

Baca Juga:  Insan Bumi Mandiri Siap Berbagi Inspirasi di IdeaFest 2022

Surat yang ditujukan kepada Walikota Subulussalam itu, disebutkan bahwa pelantikan Pj Walikota Subulussalam akan berlangsung di Anjong Mon Mata, Komplek Meuligo Gubernur Aceh, Banda Aceh, pada Kamis tanggal 16 Mei 2024 yang dijadwalkan berlangsung pukul 16.30 WIB.

Surat itu juga turut ditembuskan kepada Mendagri, Plh Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Ketua DPR Aceh, Ketua DPRK Subulussalam, dan Wakil Walikota Subulussalam.

Salah satu sumber yang dekat dengan Pemerintah Aceh membenarkan, bahwa Mendagri Jenderal Polisi (Purn) Tito Karnavian telah mengeluarkan surat keputusan (SK) tentang penunjukan Azhari SAg yang saat ini menduduki jabatan Kadis Koperasi dan UKM Aceh sebagai Pj Walikota Subulussalam.

Namun pusaran informasi tersebut, narasumber tetap menolak menyebutkan tanggal dan nomor SK pengangkatan Pj Walikota Subulussalam yang sifatnya masih sangat rahasia.

“Setahu saya, informasi yang beredar saat ini,  bahwa Azhari telah ditunjukan sebagai Pj Walikota Subulussalam oleh Bapak Mendagri  benar adanya. Kita lihat saja nanti,” ungkap sumber meminta jati dirinya tidak dipublikasi.

Baca Juga:  Awas, Aksi Penipuan Cutut Nama Sekda Aceh Selatan 

Azhari yang dikonfirmasi antaran, malam ini, juga membenarkan pihaknya telah diberitahu oleh Pj Gubernur Aceh berkaitan jadwal pelantikan dirinya sebagai Pj Walikota Subulussalam yang direncanakan, Kamis (16/05/2024).

“Soal penunjukan kami sebagai Pj Walikota Subulussalam telah diberitahukan oleh bapak Pj Gubernur pada Rabu kemarin di Jakarta. Maka tadi pagi, saya langsung terbang ke Aceh untuk persiapan pelantikan. Mudah-mudahan terwujud dan benar adanya,” ungkapnya.

Menurut Azhari, penunjukan dirinya sebagai Pj Walikota sebuah bentuk kepercayaan pimpinan yang haru di jalan penuh amanah.

“Ini sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi kami.Saya tetap tegak lurus pada atasan yang telah dipercayai untuk menduduki sebagaimana kepala daerah. Amanah ini akan saya jalankan sesungguhnya sesuai arahan pimpinan Bapak Mendagri dan Bapak Pj Gubernur, ” janji Azhari.

Seperti dilansir antaran, Selasa (14/05/2024) malam, Azhari SAg yang kini menduduki jabatan eselon II di Pemerintahan Aceh sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah), dikabarkan bakal menjadi Penjabat (Pj) Walikota Subulussalam.

Baca Juga:  USK Resmikan Pembukaan Prodi D3 Agribisnis dan Peternakan di Bener Meriah

Menyusul telah berakhirnya masa jabatan, Affan Bintang-Salmaza sebagai Walikota/Wakil Walikota definitif Kota Subulussalam sejak 14 Mei 2024 lalu.

Sedangkan, untuk mengisi kekosongan sementara jabatan Walikota Subulussalam, Pj Gubernur Aceh Bustami Hamzah telah menunjuk Sekda Kota Subulussalam, Sairun sebagai  Plh (Pelaksana harian) Walikota setempat berdasarkan surat kawat Gubernur Aceh Nomor : 1001.42/5016 tertanggal 13 Mei 2024.

Berdasarkan informasi yang beredar dan dihimpun, Selasa (14/05/2024), nama Azhari termasuk salah satu yang diusulkan oleh Pj Gubernur Aceh ke Mendagri sebagai calon Pj Walikota Subulussalam menggantikan Affan Bintang – Salmaza yang berakhir masa jabatannya terhitung mulai tanggal 14 Mei 2024.

“Saya mendapatkan informasi dari Kemendagri, bahwa Azhari yang kini menjabat Kadis Koperasi dan UKM yang ditunjuk Mendagri sebagai Pj Walikota Subulussalam,” ungkap sumber yang tidak mau disebut namanya.

Mendagri Tito Karnavian dikabarkan telah menunjuk putra Nagan Raya, Azhari sebagai Pj Walikota Subulussalam. Bahkan, Azhari disebut-sebut saat ini sedang berada di Jakarta dalam rangka urusan  di Kemendagri  terkait Pj Walikota Subulussalam. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.