Bhabinkamtibmas Terus Jalin Komunikasi Dengan Masyarakat

Kapolres Abdya, AKBP Agus Sulistianto SH SIK. Foto Ist
Bagikan:

“Kita berharap upaya seperti ini dapat terus dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Kapolres Aceh Barat Daya (Abdya), AKBP Agus Sulistianto, SH SIK, melalui Kasat Binmas AKP Ali Kosasih Selasa (23/01/2024) mengingatkan para Bhabinkamtibmas dalam wilayah hukum Polres Abdya untuk selalu menjalin komunikasi dan membangun kerjasama dengan segenap lapisan masyarakat.

Hal itu bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang aman dan kondusif serta kehadiran Polri dapat dirasakan oleh masyarakat yang mempunyai tugas sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

Baca Juga:  Awal 2024, 19 Personel Polres Abdya Naik Pangkat

“Kita berharap upaya seperti ini dapat terus dilakukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Seperti halnya yang dilakukan Bhabinkamtibmas Polsubsektor Lembah Sabil usai Salat Subuh berjemaah menyampaikan beberapa pesan mengenai Kamtibmas,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas mengimbau kepada warga untuk tetap mewaspadai situasi di lingkungannya dan segera melaporkan setiap ada kejadian ke Polsubsektor Lembah Sabil dan juga mengingatkan kembali kepada warga agar sebelum istirahat pastikan pintu dan jendela rumah sudah terkunci.

Baca Juga:  Siswi SMAN Unggul Tapaktuan Wakili Aceh Cipta Puisi FLS2N Nasional

Ditambahkan, setiap Bhabinkamtibmas mempunyai kewajiban dan wajib hadir di tengah masyarakat guna menjamin keamanan warga binaannya. Bhabinkamtibmas ada di tengah-tengah masyarakat untuk mengetahui kegiatan warga dan situasi wilayah setiap hari hingga sekecil apapun yang terjadi di masyarakat.

Bhabinkamtibmas menyampaikan tentang pentingnya menjaga situasi Kamtibmas di lingkungan tempat tinggal, serta mengimbau kepada masyarakat untuk dapat menginformasikan kepada Bhabinkamtibmas apabila melihat atau mendengar ada kejadian ataupun permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggal ataupun di desa, agar masalah tersebut dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga:  Polres Abdya Berikan Layanan Berobat Gratis dan Bagi Sembako

Seperti diketahui, Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi Pre-emtif dengan cara bermitra dengan masyarakat.

Berdasarkan Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.Pol.KEP/8/II/2009 tentang perubahan buku petunjuk lapangan Kapolri No.Pol. : BUJUKLAP/17/VII/1997 tentang sebutan Babinkamtibmas (Bintara Pembina Kamtibmas) menjadi Bhabinkamtibmas (Bhayangkara Pembina Kamtibmas) dari Tingkat kepangkatan Brigadir sampai dengan Inspektur.

Sedangkan menurut Pasal 1 angka 4 Peraturan Kapolri Nomor 3 Tahun 2015 tentang Pemolisian Masyarakat bahwa yang dimaksud dengan Bhabinkamtibmas adalah pengemban Polisi Masyarakat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.