Bimbing 60 Pelaku UMKM di Abdya, Diskop UKM Aceh Beri Teknis Pemasaran

Para peserta dari pelaku UMKM di Abdya foto bersama sebalum kegiatan pendampingan berlangsung di Aula Hotel Grand Lauser, Blangpidie, Selasa (08/11). ANTARAN/RIZAL
Bagikan:

“Disini nanti, kita dapat mengetahui bagaimana seorang pelaku usaha itu memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam menjalankan usahanya. “Kami berharap, setelah mengikuti pendampingan ini, pelaku UMKM dapat mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh narasumber atau pemateri untuk pengembangan usaha,” tutur Rosti lebih lanjut.

Jurnalis : Rizal

ANTARANNEWS.COM|BLANGPIDIE – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi Aceh, melakukan pendapingan serta memberikan bimbingan kepada 60 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Acara pendampingan bagi pelaku UMKM Aceh “assesment” mentoring and coaching UMKM berkarya itu, berlangsung selama tiga hari yakni, dari tanggal 8 sampai tanggal 10 November 2022. Kegiatan itu dibuka langsung oleh Kepala Diskop UKM Aceh melalui Kepala UPTD PLUT KUMKM Rosti Maidar SE MSi di Aula Hotel Grand Lauser, Blangpidie, Selasa (8/11/2022).

Baca Juga:  Dampak Banjir Bandang Agara, 1.006 Rumah Warga Rusak

Dalam arahan pembukaannya, Rosti Maidar, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut digelar agar peserta pelaku UMKM bisa mengelola usahanya dengan baik, sehingga setiap produk yang dipasarkan layak untuk dipromosi hingga diketahui khalayak ramai. Untuk itu, Rosti berharap kepada peserta pelaku UMKM di Abdya, tidak perlu sungkan dalam berkomunikasi dengan pihaknya.

“Kita akan memberikan jalan, apalagi kita punya konsultan yang siap memberikan pelayanan serta bimbingan dalam memajukan usaha bagi pelaku UMKM termasuk Abdya. Kami ini ibarat bengkel bagi pelaku UMKM, jadi tidak perlu sungkan untuk melakukan perbaikan,” katanya.

Melalui kegiatan ini, lanjut Rosti, pelaku UMKM dapat lebih berkembang dan berperan aktif dari sisi pemasaran maupun promosi produk UMKM di Aceh. Selain itu, kegiatan pendampingan ini juga dapat memotivasi pengusaha pemula dalam mengembangkan usaha yang berkelanjutan.

Baca Juga:  Dukung Kemajuan Wisata Aceh Selatan, Dandim 0107/Asel Gelar Silaturrahmi Dengan Komunitas Wisata Tuan Tapa

“Disini nanti, kita dapat mengetahui bagaimana seorang pelaku usaha itu memiliki kemampuan manajemen yang baik dalam menjalankan usahanya. “Kami berharap, setelah mengikuti pendampingan ini, pelaku UMKM dapat mengaplikasikan materi yang disampaikan oleh narasumber atau pemateri untuk pengembangan usaha,” tutur Rosti lebih lanjut.

Terakhir Rosti mengatakan, bahwa ada banyak pelaku UMKM yang ingin ikut kegiatan seperti ini. Namun, karena terbatasnya anggaran dan waktu, maka untuk wilayah Abdya hanya diikutsertakan sebanyak 60 peserta.

“Semoga pada waktu berikutnya akan kita programkan kembali,” tandasnya yang juga baru saja memberikan kegiatan serupa di wilayah Kabupten/Kota di Aceh lainnya. Bahkan minggu depan pihaknya juga akan menggelar pameran UMKM di Aceh Besar.

Baca Juga:  PMI Aceh Selatan Bantu Korban Kebakaran Trumon Tengah

Sementara itu, Konsultan KUMKM Bidang SDM, Dody Resmal ST MT, didampingi Ketua Panitia Pelaksana Bazarullah, menyebutkan, ada beberapa tujuan terlaksananya pendampingan tersebut, diantaranya untuk memilih lima pelaku UMKM terbaik dan pada akhir pendampingan nanti akan diberikan penghargaan termasuk mempromosikan hasil usahanya.

Kemudian pihaknya juga akan melakukan assestment, mentoring and coaching. Dimana, tim juri akan memilih 30 pelaku UMKM terbaik, dari segi Legalitas, Sertifikasi, Produk yang kreatif dan inovatif, dan jaringan pemasaran yang bagus.

“Nanti akan kita promosi produk UMKM yang terpilih, melalui pembuatan Vidio Promosi atau Iklan yang akan dipublis ke media online,” singkat Dody dalam acara pendampingan tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.