BKSDA Turunkan Tim Cegah Konflik Harimau di Kluet Timur

Tim BKSDA Aceh tingkatkan patroli dan penghalauan Harimau yang sempat menerkam ternak kambing milik warga Gampong Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan. ANTARAN/foto ist
Bagikan:

“Kita sudah bermusyawarah dengan muspika dan masyarakat agar untuk saat ini tidak melakukan aktivitas di sekitar kebun,” himbau Saifuddin.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN | TAPAKTUAN – Konflik satwa (Harimau Sumatera-red) yang terjadi di Gampong Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan direspon cepat pihak Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh dengan menurunkan tim kelokasi, pada Rabu (24/01/2024).

Baca Juga:  Dampak Banjir Bandang Agara, 1.006 Rumah Warga Rusak

Melalui Seksi Konservasi Wilayah II Subulussalam bersama Wildlife Conservation Society Indonesia (WCS-IP) dan Forum Konservasi Leuser (FKL) melakukan penghalauan dan patroli disekitar kebun masyarakat setempat.

Staf KSDA Resort 16 Tapaktuan, Saifuddin menyebutkan, pihaknya juga melakukan komunikasi dengan pihak Muspika Kecamatan Kluet Timur serta menghimbau kepada masyarakat agar menghindari interaksi langsung manusia dengan harimau.

“Kita sudah bermusyawarah dengan muspika dan masyarakat agar untuk saat ini tidak melakukan aktivitas di sekitar kebun,” himbau Saifuddin.

Baca Juga:  Terkait PK Moeldoko CS, DPC Demokrat Simeulue Surati MA

Lebih lanjut, kata Saifuddin, saat ini pihaknya juga terus meningkatkan patroli serta memasang kamara pengintai, agar tidak terjadi interaksi langsung

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diingikan, kami menghimbau kepada masyarakat untuk tidak beraktivitas dulu diwilayah perkebunan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, pada Selasa (23/01/2024) sore, warga di Gampong Lawe Buluh Didi, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan digegerkan dengan penemuan ternak kambing milik warga setempat mati yang diduga diterkam Harimau.(*)

Baca Juga:  Pj Bupati : Rancangan KUPA dan PPAS-P Gayo Lues Harap Dimaknai Dengan Arif dan Bijaksana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.