Bolos Hari Pertama Kerja, ASN Diberi Sanksi Pemotongan TPP

WALI Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE (kiri) bersalaman dengan Sekretaris Disduk Pencapil, Bronson Boangmanalu, S.Sos pada momen sidak disaksikan Jhoni Arizal dan Ruslan. ANTARAN/Khairul
Bagikan:

“Sanksi bagi ASN yang bolos saat tim turun, pemotongan TPP,” jelas Sarifuddin

Jurnalis : Khairul

ANTARAN|SUBULUSSALAM – ASN yang bolos hari pertama kerja pasca cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa 16 April 2024 diancam sanksi pemotongan Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

Demikian Ketua Tim IV Sidak Pemko Subulussalam yang juga merupakan Kepala Inspektorat, Sarifuddin, MM saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) kantor Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Subulussalam, Selasa (16/04/2024).

“Sanksi bagi ASN yang bolos saat tim turun, pemotongan TPP,” jelas Sarifuddin dibenarkan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Rano Sartono Saraan, SE yang ikut dalam tim tersebut.

Baca Juga:  Untuk Menjaga Kedaulatan NKRI, Kodam IM Kirim Pasukan Terbaik Ke Papua 

Kepada para ASN, Sarifuddin dan Rano memberi arahan tegaskan jika salah satu tujuan sidak adalah untuk memastikan kepatuhan ASN terkait ketentuan libur dan cuti bersama Idul Fitri 1445 Hijriah tahun ini.

Indikasi sejumlah ASN tak berada di tempat saat sidak, namun dilaporkan sudah fingerprint (alat absensi) pra tim sidak turun, keduanya pastikan ketentuan sidak fokus saat sidak digelar. Bukti atau fakta jika saat tim sidak ke lapangan ASN tidak hadir, dinyatakan absen.

Sekda, H. Sairun, S.Ag, M.Si, ketika mengabsen ASN saat sidak. ANTARAN/Istimewa

“Selesai finger bukan berarti bebas meninggalkan kantor, tetapi harus berada di kantor selama jam kerja,” tegas Rano.

Baca Juga:  Pengukuhan Pengurus Ikatapsel Kota Subulussalam di Samosir

Sebelumnya, Asisten II Setdako Ibnu Hajar Berutu, S.Sos dikonfirmasi mengatakan, sehari sidak, Selasa menyasar semua kantor dinas di lingkungan Pemko Subulussalam.

Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, SE terpantau sidak di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduk Pencapil) didampingi Asisten III Jhoni Arizal, S.STP, M.Si, staf ahli Saiban Gafar, S.Pd, MM dan Kepala Disduk Pencapil, Ruslan, SHI, MM sebelum melanjutkan kegiatan serupa ke Kantor Dinas Perizinan dan RSUD Kota Subulussalam.

Disambangi AntaranNews.com, Wali Kota Affan Bintang mengatakan jika ASN yang tidak hadir hari pertama bekerja pasa cuti Idul Fithri 1445 Hijriah akan berurusan dengan Sekretaris Daerah (Sekda).

Baca Juga:  Dandim 0107/Asel Minta Prajurit Tingkatkan Satkowil dengan Selalu Hadir di Tengah Masyarakat

“Yang nggak hadir hari ini diarahkan untuk menghadap ke Sekda,” tandas Bintang.

Dikonfirmasi terpisah, Sekda Sairun sebut tujuan sidak mengidentifikasi kehadiran para ASN serta memberi arahan dalam melaksanakan tugas masing-masing SKPK.

“Hasil sidak hari ini ditindaklanjuti dengan pemanggilan ASN yang tidak hadir tanpa keterangan untuk diberi sanksi, sampai kepada penurunan Tunjangan Pembayaran Penghasilan TPP ASN,” pesan WA Sairun.

Dikatakan, empat tim sidak, masing-masing dipimpin wali kota, wakil wali kota, sekda dan Kepala Inspektorat. Hasil sidak hari ini, diakui masih ada ASN bolos, tanpa keterangan. ASN yang bolos akan segera dipanggil.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.