BPBD Aceh Selatan Bersama TNI-Polri Berhasil Padamkan Kabakaran Lahan Di Dua Kecamatan 

Seluas 2,5 hektar lahan terbakar di dua kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan pada Senin (27/6/2022). Foto BPBD Asel
Bagikan:

“Petugas Damkar PB 06 Trumon bersama Babinsa Koramil 09/Trumon melakukan pencarian dan titik api ditemukan di lahan perkebunan masyarakat di Desa Ujung Tanoh,” terang Kalak BPBD Aceh Selatan, H Zainal A, SE,M.Si.

Jurnalis : Safdar S

ANTARANNEWS.COM|TAPAKTUAN – Seluas 2,5 hektar lahan terbakar di dua kecamatan dalam Kabupaten Aceh Selatan pada Senin (27/6/2022).

Berdasarkan data dari BPBD Aceh Selatan, kebakaran lahan terjadi di Gampong Keudee Bakongan, Kecamatan Bakongan dan Gampong Ujung Tanoh, Kecamatan Trumon.

Kalak BPBD Aceh Selatan, H.Zainal.A, SE.,M.Si kepada antarannews.com mengatakan, kebakaran lahan di Gampong Ujung Tanoh, Kecamatan Trumon, terjadi pada pukul 14:40 Wib dan terpantau dari aplikasi LAPAN Fire Hot Spot.

Baca Juga:  Pj Bupati Abdya Harap Para Pejabat Tidak Diganti Saat Tahapan Pemilu 2024

“Petugas Damkar PB 06 Trumon bersama Babinsa Koramil 09/Trumon melakukan pencarian dan titik api ditemukan di lahan perkebunan masyarakat di Desa Ujung Tanoh,” terangnya.

Kalak melanjutkan, pemadaman dilakukan secara manual menggunakan dahan kayu untuk meminimalisir agar kebakaran tidak menyebar ke lokasi lain.

“Pukul 17.40 Api sudah berhasil dipadamkan secara keseluruhan namun masih mengeluarkan kepulan asap dari sisa batang kayu yang terbakar dengan luas area lebih kurang 2 Ha,” ungkapnya.

Sementara itu, lanjutnya, pada pukul 17:40 Wib, di Gampong Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, juga terpantau kebakaran area lahan kosong yang berlokasi dekat dengan Sekolah SMA Negeri Bakongan.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan Terima UHC Award 2023

Masyarakat yang mengetahui kebakaran langsung melaporkan kepada petugas Damkar-PB di Posko 05 Bakongan karena di khawatir jika tidak ditangani dengan segera akan menjalar ke Bangunan Sekolah yang berdekatan dengan area tersebut.

“Tim Damkar PB Posko 05 Bakongan langsung ke lokasi kejadian dan melakukan penanganan untuk pemadaman, pada pukul 19:20 Wib api berhasil dipadamkan secara keseluruhan di area seluas setengah hektar,” jelasnya.

Baca Juga:  Peringati Hari Jadi Aceh Selatan, Pemkab Gelar Open Turnamen Bola Kaki

Menanggapi dua kejadian kebakaran lahan tersebut, Kalak BPBD Aceh Selatan ini berpesan agar masyarakat yang ingin membuka lahannya agar tidak melakukan upaya pembukaan lahan dengan cara membakar, sebab selain dapat berdampak pada bencana Karhutla, perbuatan tersebut juga dilarang secara hukum.

“Kami sangat berharap dan mohon kesadaran kita bersama agar tidak lagi melakukan pembukaan atau pembersihan lahan dengan cara membakar,

selain dampak bencana hal ini juga sangat berpengaruh pada polusi udara yang mengakibatkan terjadinya gangguan kesehatan, ekonomi, serta dampak adanya sangsi hukum bagi pelakunya,” tutup mantan Camat Kluet Utara ini.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.