Bunda PAUD Aceh Selatan Bekali 150 Kepsek PAUD/TK Manajemen Pelaporan BOP

Bunda PAUD Aceh Selatan, Yuliani Irvana R, S. Tr, Keb saat memberi materi dihadapan 150 peserta di Aula Dianrana, Tapaktuan. ANTARAN / Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Ibu-ibu adalah harapan daerah untuk mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa lebih berkualitas. Hari ini diberikan pembekalan manajemen pelaporan BOP agar lebih berwawasan,” kata Yuliani Irvana R, S.Tr,Keb.

Jurnalis : Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh Selatan, BD Yuliani Irvana R,S.Tr,Keb tampil sebagai pemateri sosialisasi pendampingan pelaporan Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) PAUD dan TK di hotel Dian Rana di Tapaktuan, Rabu (6/12/2023).

Dihadapan 150 kepala sekolah dan bendahara PAUD/TK se Aceh Selatan, Yuliani Irvana R,S.Tr,Keb mengatakan, memaksimalkan kualitas, wawasan, evaluasi dan pengawasan penggunaan BOP, kepala sekolah dan bendaharawan perlu di bekali manajemen pelaporan.

“Ibu-ibu adalah harapan daerah untuk mendidik dan mencerdaskan anak-anak bangsa lebih berkualitas dan maju. Hari ini diberikan pembekalan manajemen pelaporan BOP agar lebih berwawasan, sehingga tidak menuai kendala,” kata Yuliani Irvana R.

Baca Juga:  Investor Arab Saudi Cek Teluk Surin, Bakal Bangun Pelabuhan di Abdya

Mengindentifikasi pelaporan dan pemantauan penggunaan BOP, seluruh ibu-ibu PAUD/TK harus menguasai manajemen pelaporan dengan baik dan benar. Oleh karenanya, kegiatan pembekalan ini harus diikuti dengan serius dan tidak menyia-nyiakan kesempatan.

“Harapan kami, nantinya ibu-ibulah yang menjadi perpanjangan pemerintah daerah untuk memberikan pemahaman kepada dewan guru di sekolah masing-masing,” ucapnya.

Disampaikan Bunda PAUD, pertemuan kita bukan hanya disini saja, pihaknya mengaku sering turun ke lapangan dan kecamatan-kecamatan untuk menggali informasi, memantau dan melihat perkembangan sekolah demi peningkatan mutu pendidikan di Aceh Selatan.

Baca Juga:  Durian Bantal Emas Diusulkan Jadi Varietas Unggul Nasional, Pj Bupati Langsung Turun Lakukan Observasi Awal

“Saya tidak hanya menerima laporan diatas kertas semata, melainkan turun ke lokasi menginput kelemahan dan keluhan untuk diperbaiki. Hasil evaluasi di lapangan lebih akurat dari pada laporan diatas kertas,” ujarnya.

Menurut Yuliani Irvana R, kegiatan ini dilakukan secara rutin karena kewajiban dan panggilan takdir dalam mensupport tugas sang suami yang dipercayakan Mendagri RI sebagai Pj Bupati Aceh Selatan.

“Dalam kondisi apapun, tugas ini saya jalani dengan tulus ikhlas agar pendidikan di Aceh Selatan bisa lebih baik dan berkualitas. Jika semua kita memiliki tekat serupa untuk mewujudkan perubahan, saya yakin pendidikan PAUD/TK akan lebih maju,” imbuh Yuliani Irvana R.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Selatan yang dikonfirmasi melalui Kepala Bidang (Kabid) PAUD, Reka Yulianti, SE mengatakan, pembekalan pendampingan pelaporan BOP Tahun 2023 sangat bermanfaat di laksanakan untuk meningkatan sumber daya manusia (SDM) bagi kepsek dan bendaharawan.

Baca Juga:  Luapan DAS di Tanjung Raya Semakin Parah, Ini Kata Kadis PUPR Simeulue

“Dengan adanya kegiatan ini, para Kepsek PAUD/TK lebih memahami penggunaan dana BOP dan tidak teledor dalam membuat pertanggungjawaban. Intinya, terhindari dari serempetan hukum. Bisa jadi, sebelumnya belum pernah diselenggarakan,” papar Reka Yulianti.

Disebutkan, acara yang berlangsung selama tiga hari, tanggal 5 sampai 7 Desember 2023 ini diikuti 150 peserta yang dibagi tiga ruangan. Menghadirkan nara sumber dari tiga OPD, meliputi; Inspektorat, Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) dan Disdikbud Aceh Selatan.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.