Bupati Aceh Selatan Launching Program Semapro dan Jumaah di Kluet Tengah

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Bunda Paud Kabupaten Aceh Selatan Kailida launching program Selasa Makan Protein (SEMAPRO) dan Jumaat Makan Buah (JUM'AH) di TK Melati Simpang 2 Kecamatan Kluet Tengah, Selasa (13/9/2022). Foto Ist
Bagikan:

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM|TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran didampingi Bunda Paud Kabupaten Aceh Selatan Kailida launching program Selasa Makan Protein (SEMAPRO) dan Jumaat Makan Buah (JUM’AH) di TK Melati Simpang 2 Kecamatan Kluet Tengah, Selasa (13/9/2022).

Launching rogram yang di prakarsai Bunda PAUD Kluet Tengah itu ditandai dengan pemukulan canang gung yang merupakan alat musik Kluet oleh Bupati Aceh Selatan.

Selanjutnya dilanjutkan dengan senam semapro diiringi lagu semapro ciptaan bunda paud Kluet Tengah sebagai salah satu program inovasi dengan menciptakan lagu lagu edukasi untuk anak paud di Kluet Tengah.

Rangkaian kegiatan launching Semapro dan Jumaah diawali dengan kegiatan parenting dimana ibu dan anak melakukan kegiatan nursery dengan penanaman bibit pohon ke dalam polybag yang sudah disediakan dengan tujuan agar anak sedini mungkin memahami akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Baca Juga:  Buruan Daftar, KIP Aceh Selatan Buka Rekrutmen Anggota PPS

Program Semapro dan Jum’ah tersebut sebagai salah satu kegiatan dalam rangka pengentasan stunting di Aceh Selatan dengan memanfaatkan buah-buahan lokal yang tersedia di Kluet Tengah.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Aku Anak Sehat Karna Aku Si Penjaga Alam”. kegiatan nursery ini disponsori oleh NGO Forum Konservasi Lauser (FKL) yang berada di Kluet Tengah.

Dalam kegiatan tersebut bunda PAUD Kabupaten juga membagikan makanan sehat berupa telur, daging ayam, pisang dan juga pembagian PMT.

Selain launching Semapro dan Jum’ah, Bupati dan rombongan juga mengikuti beberapa kegiatan yang diselenggarakan di berbagai tempat di Kecamatan Kluet Tengah.

Baca Juga:  Sedang Pesta Sabu, Pengedar dan Pemakai Diringkus Polisi di Aceh Singkil

Diantaranya kegiatan Germas diprakarsai Dinas Kesehatan dengan melakukan senam pagi bersama siswa-siswi SMP Negeri 1 Kluet Tengah dan minum tablet tambah darah bersama serta gerakan makan buah.

Pada kesempat itu juga dilakukan penyerahan alat-alat kebersihan kepada sekolah dan taman bermain anak-anak serta pengobatan gratis oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh selatan serta santunan yatim-yatimah oleh Baitul Mal di kantor camat Kluet Tengah.

Ulfah Khairiyah, Bunda PAUD Kecamatan Kluet Tengah kepada antarannews.com mengatakan, program Semapro dan Jumaah ada dua gampong sebagai daerah lokus di Kluet Tengah yakni, gampong Simpang Dua dan Gampong Koto.

Baca Juga:  Ketua HIMABEM - SU Soroti Tingginya Kasus Pelecehan Seksual di Kabupaten Bener Meriah

Dia juga mengatakan, program Semapro dan Jum’ah juga sebagai pengentasan stunting di Kabupaten Aceh Selatan khsusnya di Kecamatan Kluet Tengah.

“Kami berharap dengan dipilihnya Kluet Tengah sebagai lokasi launching semapro dan Jumaah dapat memotivasi masyarakat untuk hidup lebih sehat sehingga dengan adanya perhatian dari pemerintah Kabupaten kami berharap angka stunting dapat menurun,” harap Ulfah.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Bunda Paud Kabupaten Aceh Selatan Kailida, Ketua Bhayangkari, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Yuliani Irvana, Kadis Kesehatan, Ka DPMG, Kadis Pendidikan dan Kadis DP3AKB, Camat dan Kapolsek Kluet Tengah serta para dokter dan tenaga medis Puskesmas Kluet Tengah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.