Bupati Aceh Selatan Tinjau Pelebaran Jalan Tani di Desa Mersa

Bupati Aceh Selatan,Tgk Amran bersama dinas terkait melakukan kunjungan kerja di kecamatan Kluet Tengah untuk meninjau pembangunan fasilitas publik di kecamatan tersebut, Kamis (27/01/2022). IST
Bagikan:

Bupati yang didampingi Camat Kluet Tengah, Mukhlis Anwar dan pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor matic serta melewati medan yang curam. Saat itu Bupati melihat langsung peningkatan jalan tani yang dikerjakan perusahaan KSU Tiega Manggis di Desa Mersak.

 

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Bupati Aceh Selatan,Tgk Amran bersama dinas terkait melakukan kunjungan kerja di kecamatan Kluet Tengah untuk meninjau pembangunan fasilitas publik di kecamatan tersebut, Kamis (27/01/2022).

Bupati yang didampingi Camat Kluet Tengah, Mukhlis Anwar dan pihak terkait lainnya menuju lokasi dengan menggunakan sepeda motor matic serta melewati medan yang curam. Saat itu Bupati melihat langsung peningkatan jalan tani yang dikerjakan perusahaan KSU Tiega Manggis di Desa Mersak.

Baca Juga:  PUKAT Aceh Desak Pemkab Aceh Selatan Perbaiki Ruas Jalan Bakongan

“Peningkatan jalan produksi tani, Gampong Mersak ini adalah usulan Kelompok Tani kepada Bupati yang kemudian dilimpahkan pengerjaannya kepada Koperasi Tambang Tiega Manggis melalui Camat Kluet Tengah,” kata Tgk Amran disela-sela kunjungannya, Kamis (27/1/2022).

Bupati juga menyampaikan agar masyarakat mau berpartisipasi untuk menanam pohon pelindung tebing serta berharap dengan selesainya pengerjaan jalan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai prasarana penunjang suksesnya para petani perkebunan di sekitar Gunung Rimo Hantu.

“Sehingga tidak ada lagi kendala yang berakibat tersendatnya pengangkutan pupuk dan hasil Tani,” ucap bupati. Sementara itu, Camat Kluet Tengah, Mukhlis Anwar mengatakan pekerjaan jalan tani Delong Rimo Hantu ini memiliki panjang jalan 2.400 meter dan merupakan CSR dari Perusahaan yang penetapannya dilakukan oleh Bupati melalui Camat.

Baca Juga:  Pemkab Aceh Selatan Kembali Terima Penghargaan

Menurutnya, pekerjaan jalan tani tersebut telah memangkas ketinggian serta jarak tempuh bagi petani sehingga memudahkan pendistribusian pupuk dan hasil panen. “Lebar jalan meningkat hingga 4 meter dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar dengan mempertahankan keberadaan pohon-pohon besar di sekitar badan jalan,” tandasnya.

Ucapan terimakasih juga disampaikan masyarakat tani setempat, melalui Keuchik Mersak Adamsir, masyarakat menyampaikan terimakasih atas pembangunan jalan tani Delong Rimo Hantu tersebut. Betapa tidak, sudah puluhan tahun masyarakat yang mayoritas petani itu mengidam-idamkan jalan tani yang layak itu.

“Pembangunan jalan tani ini tentunya sebuah bentuk kepedulian pemerintah dan KSU Tiega Manggis terhadap kami petani, ini sangat membantu, kami sangat berterima kasih,” ucapnya.

Baca Juga:  Bupati dan Forkopimda Aceh Selatan Hadiri Haul ke-63 Abuya Muda Waly  

Jika sebelumnya masyarakat harus berjalan kaki untuk ke kebun, tambahnya, maka dengan hadirnya jalan tani ini sudah memudahkan akses dengan menggunakan kendaraan roda dua, sehingga jarak tempuh semakin dipangkas. “Sekali lagi, terimakasih Pak Bupati, pak Camat dan KSU Tiega Manggis yang telah menampung aspirasi kami petani,” pungkasnya.

Selain meninjau pembangunan pelebaran jalan tani, Bupati Aceh Selatan juga meninjau beberapa fasilitas yang terdampak luapan sungai Kluet, langkah ini sebagai bukti bahwa Pemerintah Aceh Selatan melalui Bupati Tgk Amran semakin serius membenahi kabupaten tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.