Camat dan Pengulu Gayo Lues Diminta Jaga Netralitas 

Pj Bupati Gayo Lues, Drs H Alhudri MM pada rapat koordinasi Camat se-Kabupaten Gayo Lues di Bale Pendopo, Jumat (15/09/2023). ANTARAN / Bayu Y
Bagikan:

“Seperti perizinan, penyaluran bantuan sosial, pembinaan organisasi masyarakat, dan lain-lain. Sehingga mereka bisa masuk ke berbagai urusan hajat hidup masyarakat luas. Itu yang menjadi daya tarik mereka,” ungkap Alhudri. 

Jurnalis : Bayu Y

ANTARAN|BLANGKEJEREN – Camat dan Pengulu (kepala Desa) di Kabupaten Gayo Lues diminta tetap menjaga netralitasnya dalam pelaksanaan Pemilu 2024. Sebab Camat dan Pengulu memiliki daya tarik, khusus dimata bakal calon atau calon peserta Pemilu.

“Sangat riskan untuk dimanfaatkan sebagai salah satu corong kemenangan. Kedudukan Lurah dan Camat dipandang sebagai unsur pendulang suara bagi sebagian peserta Pemilu,” kata Pj Bupati Gayo Lues, Drs H Alhudri MM pada rapat koordinasi Camat se-Kabupaten Gayo Lues di Bale Pendopo, Jumat (15/09/2023).

Baca Juga:  Geliat Demokrasi, KIP Aceh Selatan Luncurkan Rangkaian Pilkada 2024

Hadir pada rapat tersebut Sekda Gayo Lues, Jata SE, Kadis BPM, Kadis P3AP2KB, Insfektur, Kadis Keuangan, Kabag Tapem dan Seluruh Camat. Alhudri mengatakan, Camat dan Pengulu selalu diingatkan untuk menjaga netralitas Pemilu, salah satunya mereka memiliki akses langsung ke masyarakat.

Apalagi mereka dari struktur organisasi mempunyai unsur kewilayahan. Selain itu, Alhudri menyebutkan kewenangan dan bidang tugas Camat dan Pengulu yang bersifat lintas sektoral di wilayah geo administrasinya.

Baca Juga:  Bisnis Jual Air Tebu, Pedagang Takjil di Blangpidie Raup Cuan Ratusan Ribu Rupiah Perhari

“Seperti perizinan, penyaluran bantuan sosial, pembinaan organisasi masyarakat, dan lain-lain. Sehingga mereka bisa masuk ke berbagai urusan hajat hidup masyarakat luas. Itu yang menjadi daya tarik mereka,” ungkap Alhudri.

Alhudri mengatakan, Camat dan Pengulu tidak boleh mengadakan kegiatan yang mengarah pada keberpihakan dan kampanye / sosialisasi di media sosial, seperti posting / like / komentar. Selanjutnya, menghadiri deklarasi bakal calon / calon dan foto bersama calon / bakal calon serta menjadi peserta kampanye.

Usai rapat tersebut, Sekda Gayo Lues Jata SE mengatakan, selain membahas Netralitas Pemilu pada rapat koordinasi juga membahas berbagai permasalahan yang ada di wilayah kecamatan masing –masing, salah satunya rendahnya serapan PBB.

Baca Juga:  Pj Bupati Gayo Lues Nentong Saudere di Blangjerango

“Dukungan Kecamatan dalam pelaksanaan program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan dan stunting. Menjaga Aset Serta menjaga kebersihan keindahan kantor camat dan lingkungan,” paparnya.

Pada akhir rapat Dinas, Pj Bupati menyerahkan Alat Set Box dari Kominfo yang akan digunakan untuk Zoom kepada para camat dengan pimpinan Daerah, khususnya akan memanfaatkan sebagai alat komunikasi secara langsung (Zoom) pada Pemilu 2024.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.