Cegah Luapan Banjir, Warga di Desa Sambay Bersihkan Drainase

Masyarakat Dusun Sitambun, Gampong Sambay, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Simeulue melakukan gotong royong pembersihan parit yang tertimbun material bongkahan beton yang rusak, Jumat (24/11/2023). ANTARAN / Ardiansyah
Bagikan:

“Tujuan dilakukan pembersihan sisa beton itu untuk mengatasi luapan air dari dalam parit agar arus air bisa lancar tidak terhambat dengan sisa beton itu, karena di permukiman Dusun Sitambun sering mengalami banjir hingga ke rumah warga saat musim hujan besar,” kata Candra.

Jurnalis : Ardiansyah

ANTARAN|SIMEULUE – Guna mencegah terjadinya banjir, segala sesuatunya harus dibersihkan, salah satunya saluran atau drainase harus dibersihkan supaya air tidak tersumbat dan meluap ke pemukiman warga.

Seperti yang dilakukan masyarakat yang berada di permukiman Dusun Sitambun, Gampong Sambay, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Simeulue melakukan gotong royong pembersihan parit yang tertimbun material bongkahan beton yang rusak.

Baca Juga:  Cegah Karhutla, Polres Bener Meriah Lakukan Patroli dan Sosialisasi

Diketahui, sisa beton pembangunan penahan banjir sekaligus penahan abrasi ini sudah lama berada di dalam parit semenjak ambruk beberapa tahun yang lalu.

Pembersihan paret dengan panjang 100 meter oleh Pemerintah Gampong Sambay dan masyarakat serta Badan Pemusyawaratan Desa (BPD).

Kepala Dusun Sitambun, Candra disela-sela kegiatan itu, Jumat (24/11/2023) mengatakan, sisa beton penahan banjir yang sudah ambruk ini sudah lama di biarkan didalam parit hingga menghambat sedikit arus air yang menimbulkan banjir ke rumah warga di Dusun Sitambun.

Baca Juga:  Belasan Rumah Warga Palak Kerambil Rusak Parah Dihantam Abrasi

“Tujuan dilakukan pembersihan sisa beton itu untuk mengatasi luapan air dari dalam parit agar arus air bisa lancar tidak terhambat dengan sisa beton itu, Karena di permukiman Dusun Sitambun sering mengalami banjir hingga kerumah warga saat musim hujan besar,” kata Candra

Candra juga mengataka, pihaknya mewakili dari suara masyarakat Dusun Sitambun yang terkena dampak banjir akibat luapan air parit tersebut mengharapkan kepada pemerintah Daerah agar membangun beton penahan banjir sekaligus penahan abrasi di sekitar parit yang berada di depan rumah warga

Baca Juga:  Pj Bupati Azmi Seleksi Pejabat Calon Pengganti Sekda Aceh Singkil, Ini Kriterianya

“Iya, kita minta ada perhatian pemerintah daerah untuk membangun beton penahan banjir dan sekaligus penahan abrasi karena pinggiran parit mulai terkikis dan imbasnya ke rumah warga. Tidak hanya ke rumah warga yang menjadi imbasnya pinggiran ruas jalan Desa Sambay ikut terkikis juga,” pungkasnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.