Ciptakan Pemilu Bersih, Personal KIP Aceh Selatan Teken Fakta Integritas Bebas KKN

Ketua KIP Aceh Selatan, Saipul Bismi, SE menandatanganii fakta integritas kemudian disusul komisioner dan tenaga administrasi. Foto: ANTARAN/SUDIRMAN HAMID
Bagikan:

“Menghindari pertentangan kepentingan (conflik of interest), Korupsi, bersih dan transparan pada perhelatan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, komponen KIP Aceh Selatan menandatangani fakta integritas,” kata Ketua KIP, Saipul Bismi, SE.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Menciptakan pelaksanaan Pemilu 2024 bersih, akuntabel, transparan tanpa iming-iming korupsi, jujur dan adil Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan menggelar penandatanganan fakta integritas di kalangan internal, Rabu (17/5/2023).

Ketua KIP Aceh Selatan, Saipul Bismi, SE menyebutkan, dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel, serta pelayanan publik prima dalam pelaksanaan Pemilu 2024, pihaknya membuat kesepakatan penandatanganan fakta integritas.

“Menghindari pertentangan kepentingan (conflik of interent), Korupsi, bersih dan transparan pada perhelatan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang, komponen KIP Aceh Selatan menandatangani fakta integritas. Ini konsep penting agar terhindar dari penyelewengan,” kata Ketua KIP, Saipul Bismi, SE.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Selatan Warning ASN Harus Menjaga Netralitas Pemilu

Menurut Saipul, proses penandatangan fakta integritas diawali upacara, pembacaan butir-butir pernyataan dan membubuhkan tangan tangan di atas kanvas (baleho) yang sudah dipersiapkan.

“Saya berharap, fakta integritas ini bukan sekedar apriori atau perjanjian diujung kuku. Tetapi harus benar-benar diterapkan dan dilaksanakan dengan baik oleh segenap komponen KIP. Apabila ditemui pelanggaran yang tertuang dalam fakta integritas, maka siap-siaplah menerima sanksi berat,” ujarnya.

Menurut Ketua KIP, penandatangan fakta integritas sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) RI Nomor: 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zaona Integritas menunju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di seluruh instansi pemerintah.

Baca Juga:  Hendri CH Bangun Nahkodai PWI Kembali ke Khittah

Selain penandatangan fakta integritas secara resmi di atas kanvas baleho oleh Komisioner KIP dan tenaga administrasi, penandatangan pernyataan tujuh butir fakta integritas juga di teken Ketua KIP dan Sekretaris, Elwin, SE serta komisioner lainnya.

Berikut butir-butir pernyataan fakta integritas yang ditandatangani; Saya akan selalu menjaga citra dan kredibilitas lembaga KIP melalui pelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan dan akuntabel serta objektif mendorong peningkatan kinerja, keharmonisan antar pribadi. Baik di dalam maupun diluar KIP sesuai kode etik dan pedoman perilaku jabatan yang diamanahkan Peraturan Pemerintah Nomor: 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS.

Berperan pro aktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, Kolusi dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.

Baca Juga:  Sampan Ditemukan Terdampar, Nelayan Sinabang Diduga Hilang di Laut

Selanjutnya, Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan atau bentuk lainnya yang tidak sesuai ketentuan.

Bersikap transparan, jujur, objektif dan akuntabel dalam melaksanakan tugas. Kemudian menghindari pertentangan kepentingan (conflect of interent) dalam tugas sehari-hari.

Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan dan Perundang-undangan dalam melaksanakan tugas kepada sesana pegawai di lingkungan kerja secara konsisten.

Terakhir, akan menyampaikan informasi penyimpangan integritas di KPU, KPU Provinsi dan Kabupaten/kota serta turut menjaga kerahasiaan aksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkan.

Dipenghujung pernyataan fakta integritas, sebut Saipul Bismi, dibubuhi kalimat tegasan, “Apabila melanggar ketentuan yang tercantum dalam fakta integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi dan dituntut sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.”(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.