Dalam Sehari Disdukcapil Abdya Bisa Terbitkan 300 Dokumen

Ilustrasi dokumen kependudukan.
Bagikan:

“Beginilah kondisi riil Disdukcapil Abdya. Meski dengan beragam bentuk kekurangan yang ada, Disdukcapil Abdya terus melahirkan inovasi untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Jurnalis : Agus

ANTARAN|BLANGPIDIE – Dalam sehari layanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Barat Daya (Abdya) bisa menerbitkan sekitar 300 dokumen kependudukan.

Dokumen tersebut bisa berupa Kartu Tanda Penduduk Elektrik (KTP El), Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akte Kematian termasuk termasuk Akte Kelahiran.

Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin Selasa (9/1/2024) mengatakan, meski dengan berbagai keterbatasan, pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan layanan administrasi kependudukan (Adminduk) kepada masyarakat Abdya.

Baca Juga:  Aceh Selatan Kembali Raih Juara II GAMMAWAR Tingkat Provinsi Aceh

Bahkan untuk mempermudah semua kalangan masyarakat dalam mengurus Adminduk, pihaknya telah melahirkan beragam inovasi termasuk program jemput bola, sehingga tidak ada alasan lagi bagi masyarakat tidak memiliki Adminduk.

“Beginilah kondisi riil Disdukcapil Abdya. Meski dengan beragam bentuk kekurangan yang ada, Disdukcapil Abdya terus melahirkan inovasi untuk membantu masyarakat,” ujarnya.

Sejauh ini sangat banyak kekurangan yang dimiliki Disdukcapil Abdya, seperti belum memiliki gedung yang representatif, jaringan internet yang masih belum memadai, keterbatasan alat pendukung kegiatan Adminduk dan lainnya.

Baca Juga:  Diduga Pemberitaan Proyek, Wartawan di Aceh Tengah Diancam Dibunuh

Namun hal itu tidak membuat Disdukcapil Abdya patah semangat, bahkan dengan beragam kekurangan dan keterbatasan itu pihaknya mampu mempermudah, mempercepat layanan Adminduk bagi masyarakat melalui inovasi Abdya Ok, Serakit, Sop Samsai dan lainnya termasuk jalinan kerjasama dengan berbagai instansi.

Tujuan digagasnya inovasi-inovasi tersebut adalah untuk memudahkan kalangan masyarakat yang tersebar dalam 152 desa dan 9 kecamatan di Abdya untuk mendapatkan layanan Adminduk secara lengkap.

Program itu dikhususkan untuk masyarakat yang sakit, cacat fisik dan cacat mental seperti orang dengan gangguan jiwa (odgj) serta penyandang disabilitas serta masyarakat dengan kebutuhan lainnya.

Baca Juga:  Peringatan Hari Juang TNI AD, Kodim Nagan Raya Gelar Doa Bersama 

Sebab, Adminduk ini penting bagi siapa saja karena akan berhubungan langsung dengan dokumen lainnya seperti bantuan sosial, jaminan kesehatan dan keperluan lainnya.

Jika seorang warga tidak memiliki Adminduk, katakanlah seperti KTP dan KK tentu mereka akan susah untuk mendapatkan layanan kesehatan baik di Puskesmas maupun rumah umum daerah.

“Besar harapan dengan kondisi yang terbatas ini, pimpinan dapat memberikan solusi terbaik terhadap berbagai bentuk keterbatasan Disdukcapil Abdya, sehingga layanan Adminduk bagi masyarakat lebih optimal,” harapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.