Dandim 0107/Aceh Selatan Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Pertanian Tahun 2023

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, SE. ANTARAN/Foto: Ist
Bagikan:

“Oleh karena itu, mari kita mendukung sensus pertanian ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan,” ajak Dandim.

Jurnalis: Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Guna mensukseskan pendataan lengkap sensus pertanian tahun 2023, masyarakat pelaku usaha pertanian di Kabupaten Aceh Selatan diminta dapat berpartisipasi aktif dan mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan mulai 1 Juni hingga 31 Juli 2023 mendatang.

Sensus tersebut melingkupi bidang tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perternakan, perikanan, kehutanan serta jasa pertanian dibidang pertanian tersebut. Hal itu disampaikan, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, SE

Baca Juga:  Kajari Nagan Raya Akan Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat Dugaan Penyimpangan BLT

“Sensus pertanian ini bertujuan untuk menyediakan data yang dapat digunakan sebagai tolak ukur statistik pertanian saat ini dalam mendukung pembangunan di Aceh Selatan,” kata Dandim dalam pers rilis yang diterima antaran, Kamis (11/05/2023).

Dandim juga menyampaikan, kejujuran masyarakat dibutuhkan untuk kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani Aceh Selatan sebagai informasi data statistik dasar sektor pertanian secara lengkap dan menyeluruh dikumpulkan melalui kegiatan sensus pertanian yang menjadi tugas dan tanggung jawab Badan Pusat Statistik (BPS).

Baca Juga:  BPS Gelar Pelatihan Sensus Pertanian Gelombang 3, Ini Pesan Dandim 0107/Aceh Selatan

Dikatakan, salah satu tahapan penting dalam sensus Pertanian tahun 2023 adalah pengumpulan data. Kegiatan ini melibatkan banyak petugas baik dari organik BPS maupun mitra.

“Terima kedatangan petugas sensus pertanian dan berikan jawaban dengan jujur. Tujuan lain dari pelaksanaan sensus pertanian yakni untuk memperbaiki data tentang petani di Indonesia secara lengkap,” ujar Dandim.

Lebiha lanjut, kata Dandim, setelah didapat profil petani imbasnya akan terhimpun data petani yang bagus dan lengkap dimana dapat digunakan menyusun kebijakan pemerintah.

Baca Juga:  Camat Sawang : Keuchik Jangan Coba-coba Selewengkan DD dan Menjaga Aset Gampong

“Pendataan ini juga, tidak menutup kemungkinan pemerintah bisa memberikan bantuan untuk mengembangkan usaha mereka bagi petani yang ditemukan masih membuka usaha kecil-kecilan,” pungkas Dandim.

Untuk itu, Letkol Arh Helmy mengimbau agar masyarakat petani mendukung penuh dan koperatif dalam memberikan informasi kepada petugas sensus pertanian yang melaksanakan tugasnya nanti. “Oleh karena itu, mari kita mendukung sensus pertanian ini demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Aceh Selatan,” ajak Dandim.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.