Dandim 0107/Aceh Selatan Hadiri Pawai Karnaval HUT RI ke 78

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf Faiq Fahmi beserta Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dan Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K, menyaksikan pawai Karnaval antar Gampong dalam Kecamatan Tapaktuan, Minggu (13/08/2023). Foto Kodim Asel
Bagikan:

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARAN|TAPAKTUAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf Faiq Fahmi beserta Ketua Persit KCK Cabang XXIX Kodim 0107, Ny Dian Faiq Fahmi menghadiri pawai Karnaval antar Gampong dalam Kecamatan Tapaktuan, Minggu (13/08/2023).

Pawai Karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke 78 Republik Indonesia (HUT RI), 17 Agustus 2023 dan diikuti oleh 13 Gampong ini dilepas di halaman Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Selatan.

Kemudian menuju jalan Merdeka Desa Pasar dan melaksanakan atraksi di hadapan Bupati Aceh Selatan Tgk Amran dan unsur Forkopimda di depan panggung utama yang terletak di Jalan Merdeka Desa Pasar Kecamatan Tapaktuan.

Acara yang digelar panitia HUT RI ke 78 Kabupaten Aceh Selatan ini menyedot ribuan penonton yang memadati sepanjang rute yang dilalui peserta dan puncak titik kumpul penonton di depan panggung utama.

Baca Juga:  Jalan Lesten Membaik, Harga Jual Hasil Pertanian Ikut Naik

Setelah 2 tahun vakum akan kemeriahan HUT RI disebabkan pandemi Covid 19, kini kemeriahan menyambut HUT RI dapat diselenggarakan seperti biasanya.

Para peserta karnaval didominasi oleh warga gampong masing-masing yang tampil, anak-anak dan kaum muda ini banyak yang menggunakan pakaian adat dari seluruh Nusantara. Bahkan terlihat beberapa Gampong Kepala Desa dan perangkatnya juga ikut tampil langsung.

Ketua seksi acara, H Rustam SE mengatakan, bahwa tujuan diselenggarakannya karnaval ini adalah untuk mengingatkan kembali nilai-nilai perjuangan para pahlawan yang gugur, serta mengembangkan kembali nilai kreativitas dalam mengisi kemerdekaan ini.

Baca Juga:  Serangan Harimau Kembali Terjadi, Pemkab Aceh Selatan Bersama Forkopimda Turun Ke Lokasi

Pada kesempatan tersebut, Dandim aceh Selatan juga memberikan apresiasi serta dukungan kepada pemerintah Kabupaten Aceh Selatan dalam pelaksanaan kegiatan Karnaval dan berbagai rangkaian acara kemeriahan dalam menyambut HUT RI ke 78.

Dandim juga menuturkan, Adat dan budaya merupakan ciri serta jati diri sebuah daerah, tidak hanya perlu dilestarikan guna mempertahankan peninggalan nenek moyang. Namun juga perlu direvitalisasi dan diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari.

“Sehingga adat dan budaya bisa mendarah daging pada setiap insan masyarakat di kabupaten Aceh Selatan. Acara ini juga sebagai momentum mengenang perjuangan para pahlawan saat merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah tempo dulu,” papar Dandim.

Baca Juga:  Dandim 0107/Asel Bersama Forkopimda Laksanakan Panen Raya di Desa Ruak

Sehingga, lanjutnya, dari acara ini juga diharapkan semakin tertanam jiwa nasionalisme dan kecintaan kita terhadap bangsa dan tanah air.

Para peserta dari Gampong yang tampil masing-masing mempersembahkan atraksi, hampir keseluruhan mengilustrasikan gambaran masa-masa perjuangan Bangsa Indonesia dulu dalam melawan penjajahan.

Bahkan peserta menampilkan ilustrasi peperangan para Raja-raja Aceh saat melawan penjajah, seperti peperangan Raja Lelo dari Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan saat melawan penjajah Belanda.

Acara ini dihadiri Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru, S.I.K, Ketua Bhayangkari Cabang Aceh Selatan, Ny. Lies Nova Suryandaru, Ketua Pengadilan Tapaktuan Gugun Gunawan, SH beserta Istri, Ketua MAA Aceh Selatan, H Drs Rusli para SKPK dan undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.