Dandim 0107/Asel Bersama Forkopimda Laksanakan Panen Raya di Desa Ruak

Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah SE bersama Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru S.I.K. melaksanakan Panen Raya padi, Rabu (25/01/2023). Foto Dok Pendim Asel
Bagikan:

“Hal ini juga wujud dari komitmen Pemerintah kabupaten Aceh Selatan dalam mewujudkan program ketahanan pangan nasional seperti arahan bapak Presiden dalam menghadapi inflasi di tanah air,” ucapnya.

Jurnalis : Sahidal Andriadi

ANTARANNEWS.COM |TAPAKTUAN – Dalam rangka mendongkrak ketahanan pangan khususnya di wilayah Kabupaten Aceh Selatan, Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah SE bersama Bupati Aceh Selatan Tgk Amran, Kapolres Aceh Selatan AKBP Nova Suryandaru S.I.K. melaksanakan Panen Raya padi.

Panen raya tersebut dilaksanakan di lahan sawah kelompok Tani Suka Karya, Desa Ruak Kecamatan Kluet Utara, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (25/01/2023).

Keuchik Gampong Ruak, M Saleh kepada Bupati Aceh Selatan menyampaikan bahwa, luas tanam padi di Desa Ruak pada Tahun 2022-2023 terdapat lebih kurang 184 hektar yang saat ini sudah siap panen.

Baca Juga:  Dua Unit Rumah Warga di Simeulue Hangus Terbakar 

“Saat ini para petani desa Ruak rata-rata mendapatkan hasil panen dalam perhektarnya 7,9 ton. Pada masa tanam ini ada tiga jenis padi yang kami tanam, Invari, Ciherang dan Malaysia,” terang Keuchik.

Kemudian, dalam sambutannya, Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran menyebutkan, keberhasilan panen raya di Desa Ruak tersebut tidak terlepas dari kegigihan masyarakat yang dipimpin kepala Desa serta Muspika dan para penyuluh pertanian di Kecamatan Kluet Utara.

“Hal ini juga wujud dari komitmen Pemerintah kabupaten Aceh Selatan dalam mewujudkan program ketahanan pangan nasional seperti arahan bapak Presiden dalam menghadapi inflasi di tanah air,” ucapnya.

Menurut Bupati, ketersediaan sarana, fasilitas dan alsintan di Aceh Selatan saat ini terus dibenahi demi terwujudnya progam ketahanan pangan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Selatan.

“Kita terus berupaya melayani masyarakat agar lebih mudah dalam mengolah persawahan, berkat dukungan semua pihak hal ini akan terlaksana dengan baik,”ucapnya.

Baca Juga:  Jelang Ramadhan, Pantai Alek Sektare Sepi Pengunjung

Sementara itu, Dandim Aceh Selatan disela-sela kegiatan panen padi itu menuturkan, panen raya ini menunjukkan langkah ketahanan pangan yang dilaksanakan masyarakat petani.

“Kami mengapresiasi pelaksaan tanam padi oleh para petani desa Ruak ini, dimana terlihat dari hasil panen pada masa tanam ini sangat memuaskan. Ini tidak terlepas dari bentuk saling bahu-membahu dan saling kerjasama antar petani, pendamping dan penyuluhan untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang dicanangkan pemerintah,” ungkap Dandim.

Letkol Arh Helmy menambah, Kodim 0107/Aceh Selatan lewat program ketahanan pangan juga akan terus mendampingi para petani untuk mendapatkan hasil panen yang lebih baik, sehingga terwujudnya program ketahanan pangan nasional di Kabupaten Aceh Selatan.

Baca Juga:  Aktif Dampingi Rekanan, Pemerintah Aceh Apresiasi Ketua FASI Bener Meriah

“Hal ini semua berkat kerja keras para petani, itu bisa dibuktikan dengan terselenggaranya panen raya ini,” papar Dandim. Dandim Aceh Selatan juga berharap, di Kabupaten Aceh Selatan dapat terlaksana masa tanam dalam 2 Tahun 5 kali panen seperti yang dicanangkan pemerintah.

Acara panen raya padi di Desa Ruak ini turut di hadiri Ketua TP PKK Kabupaten Aceh Selatan Ny. Kailida, S Pd.I, Ketua Persit KCK Cabang XXIX Dim 0107 Ny. Dewi Helmy, Ketua Banyangkari Polres Aceh Selatan Ny Lies Nova, Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Selatan H. Nyaklah, SP MM.

Selain itu juga hadir Muspika Kluet Utara, Kepala BPP, Manteri Tani, seluruh penyuluhan pertanian Kecamatan Kluet Utara, Tokoh Masyarakat Husen Yusuf, para Mukim dan Kepala Desa dalam Kemukiman Sejahtera, serta sejumlah masyarakat petani Desa Ruak.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.