Dandim Aceh Selatan Sambangi Tambak Garam Tradisional di Pasie Raja

Bagikan:

ANTARANNEWS.COM, TAPAKTUAN – Komandan Kodim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Inf M Yusuf, S.I.Kom menyambangi kelompok petani garam Empat Bersaudara yang beralamat di Desa Pante Raja, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Rabu (09/03/2022).

Kehadiran Dandim Aceh Selatan disambut oleh Batuud Koramil 14/Pasie Raja, Serma Iskandar, Perwakilan Kapolsek Pasie Raja, Kepala Desa Pante Raja Taharuddin beserta perangkat Desa, pendampingan Desa serta ketua Kelompok Petani Garam Empat Bersaudara Desa Pante Raja, Muhammad Arfah.

Pada kesempatan ini, Dandim Aceh Selatan mengatakan maksud dan tujuan kedatangannya ke tambak garam tersebut untuk berkomunisasi dan bersilaturrahmi dengan masyarakat Desa Pante Raja. Selain itu juga bertujuan melihat langsung pembuatan garam tradisional oleh kelompok tani Empat Bersaudara yang ada di Desa setempat.

Baca Juga:  Peran Media Merupakan Energi Positif Untuk Kemajuan Daerah

“Kehadiran kita disini selain untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat, juga ingin melihat langsung proses pruduksi garam yang dilakukan oleh kelompok tani yang ada di desa Pante Raja ini,”ujar Dandim.

Dandim Aceh Selatan menyampaikan, garam merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi diri manusia, selain itu banyak manfaatnya yang dihasilkan dari garam ini, seperti kebutuhan para nelayan dan juga dapat difungsikan sebagai pupuk tanaman.

Dandim menilai bahwa usaha yang dilakukan masyarakat tersebut sangat perlu di dukung dan di motivasi demi terus berkembangnya usaha yang dilakukan masyarakat Desa Pante Raja tersebut. “Sehingga diharapkan, para kelompok tani ini dapat lebih meningkatkan tambak garam yang sedang digelutinya.

Baca Juga:  Sambung Silaturrahmi, Dandim Aceh Selatan Kunjungi Keturunan Raja IX Tapaktuan

Artinya, dengan semakin berkembangnya tambak garam ini, maka hasil produksinya pun akan lebih meningkat. Maka kebutuhuan garam di wilayah Desa Pante Raja lebih luasnya di Kabupaten Aceh Selatan dapat terpenuhi, bahkan saya kira dapat dipasarkan di luar Aceh Selatan,”imbuh Dandim.

Dandim juga menyampaikan apresiasianya kepada pemerintahan Desa Pante Raja yang telah mendukung dan memfasilitasi kompok tani garam tersebut. Sehingga tambak garam ini sudah berjalan sedemikian rupa sejak 3 bulan yang lalu.

“Jika potensi ini benar-benar dapat di kembangkan. Maka kebutuhan garam di Aceh Selatan tidak lagi bergantung dari luar daerah. Disamping itu juga, dilihat dari nilai ekonomi, dapat membangkitkan perekonomian warga khususnya di Desa pante Raja ini,”terang Dandim.

Baca Juga:  Dandim Aceh Selatan Salurkan Bantuan Keramik Dari Pangdam IM ke Meunasah Meukek

Diakui Dandim, dari kegiatan ini ia juga mendapatkan ilmu serta pelajaran-pelajaran dari Ketua Kelompok Tani garam Empat Bersaudara terutama terkait bagai mana memproduksi garam.

“Insya Allah, Kodim Aceh Selatan akan terus benkontribusi dalam hal membantu peningkatan ekonomi masyarakat melalui pembinaan dan pendampingan pertanian,”pungkas Dandim.

Sementara itu, M Arfah selaku ketuan kelompok tani garam menyampaikan terimakasih dan rasa bangganya karena telah mendapatkan kunjungan dari Dandim Aceh Selatan.

“Ini suatu kebanggan bagi kami dapat dikunjungi Bapak Dandim, mudah-mudah hadirnya beliau ditengah-tengah kami ini dapat menambah motivasi dan semangat kami dalam bekerja sebagai petani garam,”tutupnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.