Dengan Pakaian Adat Aceh, Pemkab Nagan Raya Laksanakan Upacara Hardiknas

Dengan Pakaian Adat Aceh, Pemkab Nagan Raya Laksanakan Upacara Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. ANTARAN/Istimewa
Bagikan:

“Ketika langkah sudah mulai serempak, negara Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi Covid-19, dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis,” tambah Fitriany.

Jurnalis: Didit Arjuna

ANTARAN | NAGAN RAYA – Pemerintah Kabupaten Nagan Raya melaksanakan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Upacara Hardiknas itu dengan mengibarkan merah putih yang dipimpin Penjabat (Pj) Bupati Nagan Raya, Fitriany Farhas, AP., S.Sos., M.Si.

Dengan mengusung tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, upacara yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya tersebut berlangsung di halaman Kantor Bupati Komplek Perkantoran Suka Makmue, Senin (06/05/2024).

Pada kesempatan itu, dengan mengenakan pakaian adat Aceh, Pj Bupati Fitriany membacakan pidato Menteri Pendidikan, Riset, Kebudayaan dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim.

Baca Juga:  Diduga Pungli, Oknum Keuchik dan Aparatur Gampong di Nagan Raya Ditahan Polisi

Dalam pidato itu disebutkan bahwa, menjadi pemimpin dalam Gerakan Merdeka Belajar, ada berbagai tantangan dan peluang yang kita miliki untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Pada awal perjalanan, kata Pj, kita sadar bahwa membuat perubahan butuh perjuangan. Rasa tidak nyaman menyertai setiap langkah menuju perbaikan dan kemajuan.

“Ketika langkah sudah mulai serempak, negara Indonesia dihadapkan dengan tantangan yang tak pernah terbayangkan yakni pandemi Covid-19, dampak yang ditimbulkan mengubah proses belajar mengajar dan cara hidup secara drastis,” tambah Fitriany.

Pada saat yang sama lanjut Fitriany, pandemi memberi kesempatan untuk mengakselerasi perubahan, dengan bergotong royong, bangsa Indonesia berjuang untuk pulih dan bangkit kembali menjadi jauh lebih kuat.

Baca Juga:  Bupati Amran Resmikan Stadion Ludung Mekong, Sekaligus Buka Turnamen Sepak Bola

Dijelaskan, lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan merdeka belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh.

“Dengan penuh harapan, saya titipkan merdeka belajar kepada anda semua,” ucap Nadiem Makarim yang teks pidatonya dibacakan Pj Bupati Fitriany.

Sebelum upacara dimulai, barisan rapi jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya terlihat berjalan kaki dari kantor dinas menuju halaman kantor bupati.

Barisan ini terdiri dari kepala dinas beserta pejabat lainnya, para kepala sekolah, dewan guru, dan siswa-siswi yang semuanya mengenakan pakaian adat untuk menambah kemeriahan suasana peringatan Hardiknas 2024.

Baca Juga:  UTU Raih Peringkat PTN Satker Terbaik Se-Sumatera, Dalam Hal Ini Capaiannya

Untuk diketahui, Hardiknas yang diperingati setiap tanggal 2 Mei ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 316 tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Peringatan Hardiknas merupakan wujud penghormatan kepada bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara yang berjasa besar dalam memajukan pendidikan bangsa Indonesia.

Upacara itu turut dihadiri unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda), para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala Perangkat Daerah, Danyon Kompi C Brimob Nagan Raya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Nagan Raya, camat, Aparatur Sipil Negara dan sejumlah undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.