Desa Panton Makmur Dicanangkan Sebagai Desa Cantik

Pencanangan desa cantik ini diresmikan Asisten III Setdakab Aceh Jaya, Khaizir mewakili Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin pada acara yang berlangsung di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Selasa (20/9/2022). Foto Ist
Bagikan:

“Kami selaku pimpinan daerah sangat mendukung program pencanangan desa cantik ini, mengingat program ini sejalan dengan semangat satu data indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang dimulai dari tingkat desa atau gampong,” kata Khaizir.

Jurnalis : Suprijal Yusuf

ANTARANNEWS.COM|CALANG – Desa Panton Makmur menjadi satu dari 172 desa di kabupaten Aceh Jaya dipilih untuk dicanangkan sebagai desa cinta statistik (desa cantik) oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten setempat.

Pencanangan desa cantik ini diresmikan Asisten III Setdakab Aceh Jaya, Khaizir mewakili Pj Bupati Aceh Jaya, Dr Nurdin pada acara yang berlangsung di Hotel Pantai Barat Calang, Aceh Jaya, Selasa (20/9/2022).

Kepala BPS Kabupaten Aceh Jaya, Ir Faridah Husna mengatakan, pencanangan desa cantik ini sebagai langkah awal untuk mewujudkan program Satu Data Indonesia (SDI) dalam rangka meningkatkan kesejahteraan serta pemerataan pembangunan di tengah masyarakat.

Baca Juga:  Kepala SKPK Lakukan Penandatangan Perjanjian Kerja Tahun 2023, Ini Pesan Bupati Amran

Desa cantik adalah peningkatan sebuah program dalam kompetensi aparatur desa pengelolaan dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran. “Sebelumnya pada tahun 2021 desa Keutapang dicanangkan sebagai desa cantik di Aceh Jaya,” kata Kepala BPS Kabupaten Aceh Jaya, Ir Faridah Husna.

Ia menjelaskan, jika program desa cantik ini merupakan sebuah inovasi pembinaan statistik sektoral dari BPS Pusat yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan reformasi birokrasi di seluruh instansi Pemerintah.

Melalui kegiatan ini, Ir Faridah berharap desa Panton Makmur agar dapat menjadi contoh bagi desa lainnya untuk dapat meningkatkan perbaikan data monografi desa, yang perlukan dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan kecamatan.

Baca Juga:  52 Peserta Antusias Ikuti Ragam Lomba Peringatan Nuzulul Qur'an  

Sementara, Pj Bupati Aceh Jaya Dr Nurdin yang diwakili Asisten III Khaizir menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPS Kabupaten Aceh Jaya yang telah menginisiasi pencanangan Panton Makmur sebagai Desa cantik tahun 2022.

“Kami selaku pimpinan daerah sangat mendukung program pencanangan desa cantik ini, mengingat program ini sejalan dengan semangat satu data indonesia, yaitu mewujudkan keterpaduan perencanaan pelaksanaan,evaluasi, dan pengendalian pembangunan yang dimulai dari tingkat desa atau gampong,” kata Khaizir.

Ia menambahkan, pencanangan Desa Panton Makmur sebagai desa cantik tahun 2022 ini merupakan sebuah anugerah bagi Kecamatan Krueng Sabee, dimana pada tahun sebelumnya desa Keutapang juga ditetapkan sebagai desa cantik berada di wilayah kecamatan yang sama.

Baca Juga:  Dandim Asel Pimpin Upacara Kenaikan Pangkat 37 Personil Kodim 0107/Aceh Selatan

Kemudian, Ia berharap kepada BPS Aceh Jaya untuk dapat terus membina kecamatan – kecamatan lainnya dalam kabupaten Aceh Jaya agar menjadi desa cantik. Sehingga nantinya jika dibutuhkan data, baik itu untuk pelaksanaan program bantuan sosial maupun program-progam lainnya akan dapat diperoleh dari keterpaduan data statistik yang berasal dari seluruh gampong yang ada di kabupaten Aceh Jaya.

“Bagi gampong belum terpilih, kami berharap kepada seluruh Camat untuk dapat membina satu desa menjadi desa cantik pada tahun-tahun selanjutnya, sehingga program desa cantik dapat terus berkelanjutan dan berdaya hasil guna dalam membantu mengupdate data desa” pungkasnya.

Turut hadir Asisten I, Mustafa Ramadhan, Asisten III Khaizir, Kepala BPS Aceh Jaya Ir. Faridah Husna para Kepala SKPK dan Camat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.