Di Aceh Selatan Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota Dapil 2 Tertukar dengan Dapil 3

Foto Ilustrasi. ANTARAN/sumber media Solut.
Bagikan:

“Kami di TPS 02 Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang tertukar surat suara sebanyak 60 lembar dengan surat suara Dapil 3 (Labuhan haji), hal itu diketahui saat mau pencoblosan,” kata Keuchik Lhok Pawoh.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l TAPAKTUAN-Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Gampong (desa) Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Selatan tertukar surat suara pemilihan DPRD Kabupaten/kota sebanyak 60 lembar dengan Daerah Pemilihan (Dapil) Aceh Selatan 3 wilayah Labuhan haji.

Tertukarnya surat suara DPRD Kabupaten/kota Dapil Aceh Selatan 3 di TPS 02 Lhok Pawoh, Sawang yang merupakan Dapil Aceh Selatan 2 wilayah Sawang-Meukek tersebut disampaikan Keuchik (Kepala Desa) Lhok Pawoh, Teungku Yulizar kepada antaran, Rabu (14/2/2024) sekira pukul 13.45 WIB.

Baca Juga:  Ketua KIP Aceh Selatan Bantah Terima Fee Dari Simpanan Dana Hibah Pilkada

“Benar bang, ada surat suara DPRD Kabupaten/kota Dapil 3 (Labuhan haji) masuk dalam kotak suara di TPS 02 sebanyak 60 lembar. Seharus kita menggunakan surat suara Dapil 2 Meukek-Sawang,” ujar Tgk Yulizar saat dikonfirmasi melalui telepon genggam.

Sementara itu juga terendus informasi, di TPS 03 Gampong Trieng Meuduro Tunong, Kecamatan Sawang, Aceh Selatan juga terjadi kekurangan surat suara tingkat DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 94 lembar.

Baca Juga:  Bappeda Nagan Raya Selenggarakan Sosialisasi Perbup Percepatan Penurunan Stunting

Informasi berkembang, TPS 03 memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) berjumlah 296 pemilih. Sementara surat suara tersedia dalam kotak suara yang didistribusikan sebanyak 202 lembar.

Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Selatan, Yusrizal, ST, MT yang dikonfirmasi membenarkan terjadi ketukaran surat suara jenis DPRD Kabupaten sebanyak 60 lembar di TPS 02 Lhok pawoh, Kecamatan Sawang dan kekurangan surat suara jenis yang sama di TPS 03 Tring Meuduro Tunong sebanyak 94 lembar.

Baca Juga:  Panwaslih Aceh Selatan dan Tim Gabungan Tertipkan APK Peserta Pemilu

“Semua kekurangan dan yang tertukar sudah kita tangani dengan baik dan tidak ada masalah. Proses pemungutan suara tetap berjalan lancar. Ini bukanlah faktor kesengajaan melainkan kesilapan, maklumlah petugas harus bekerja ekstra,” pungkas Yusrizal seraya mengatakan pihaknya sedang menuju lokasi. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.