Di Bener Meriah dan Takengon Harga Cabe Merah Terus Naik

Harga semua jenis cabe pada tingkat petani di dua kabupaten daratan tinggi Gayo, yaitu Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, terus bergerak naik dalam beberapa hari terakhir. Foto IST
Bagikan:

Terbatasnya stok ini, karena pengaruh produksi minim, lantaran banyak areal kebun cabe petani yang gagal panen belakangan ini. Maka kondisi ini mempengaruhi harga jual cabe ditingkat petani yang akan terus naik,” kata Barli, salah seoarang pedagang setempat.

ANTARANNEWS.COM|REDELONG – Harga semua jenis cabe pada tingkat petani di dua kabupaten daratan tinggi Gayo, yaitu Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, terus bergerak naik dalam beberapa hari terakhir. Bahkan, cabe merah saat ini sudah tembus Rp 70.000/kg.

Baca Juga:  Di Ajang PORA XIV Aceh, Atlet Catur Aceh Selatan Raih 1 Emas 1 Perak dan 3 Perunggu 

Pantauan antarannews.com, Rabu (15/6/2022) siang, harga beli semua jenis cabe dari petani oleh agen pengumpul dalam satu beberapa hari terus merangkak naik ratat-rata pada kisaran Rp 2.000/kg hingga Rp 20.000/kg.

Yang cukup drastis mengalami kenaikan adalah harga cabe merah dari harga sebelumnya Rp 50.000/kg naik menjadi Rp 70.000/kg di tingkat petani.

Kenaikan harga cabe merah ini juga berpengaruh terhadap pasaran rawit dari Rp 35.000/kg naik menjadi kisaran Rp 37.000/kg – Rp 38.000/kg, kemudian cabe hijau naik dari Rp 30.000 menjadi Rp 32.000/kg.

Baca Juga:  Pj Bupati Syakir Lepas Keberangkatan 114 Jamaah Calon Haji Aceh Tenggara

Menurut perkiraan sejumlah pedagang setempat, harga cabe akan terus mengalami kenaikan dalam waktu dekat.

Kondisi ini semuanya dipengaruhi stok cabe di tingkat petani sangat terbatas di dua kabupaten setempat yang dikenal sebagai sentra produksi cabe di Aceh, sementara permintaan di pasaran terus meningkat setiap harinya.

“Terbatasnya stok ini, karena pengaruh produksi minim, lantaran banyak areal kebun cabe petani yang gagal panen belakangan ini.

Baca Juga:  Hadiri Rapat Pelaksanaan Idul Adha 1444 H, Pj Bupati Ahmadlyah Sampaikan Ini

Maka kondisi ini mempengaruhi harga jual cabe ditingkat petani yang akan terus naik,” kata Barli salah seoarang pedagang setempat.(*)

Jurnalis : Syah Antoni | Editor : Suprijal Yusuf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.