Dinas Pendidikan Nagan Raya Gelar Pelatihan Pedagogik Bagi Guru SD dan SMP

Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh telah melaksanakan kegiatan pelatihan pedagogik kepada guru jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). ANTARAN / Didit Arjuna
Bagikan:

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan metode In 1 dilanjutkan dengan on job learning dan diakhiri dengan In 2,” ujarnya.

Jurnalis : Didit Arjuna

ANTARAN|NAGAN RAYA – Sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru, khususnya dalam bidang pedagogik, Dinas Pendidikan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh telah melaksanakan kegiatan pelatihan pedagogik kepada guru jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Kepala Dinas Pendidikan Nagan Raya Zulkipli melalui Kepala Bidang GTK Disdik Nagan Raya Bhayu Aji, S.Pd., M.T mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara terpisah, untuk jenjang SD dilaksanakan bertahap sejak tanggal 4 sampai dengan 26 September dan jenjang SMP dilaksanakan mulai tanggal 7 September sampai dengan 3 oktober 2023.

Baca Juga:  Miliki Riwayat Asam Lambung, Pria Aceh Selatan Mengakhiri Hidup di Pohon Mangga

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dengan metode In 1 dilanjutkan dengan on job learning dan diakhiri dengan In 2,” ujarnya.

Dia menambahkan, tujuan dari dilaksanakannya pelatihan tersebut untuk meningkatkan kemampuan guru dalam berperan sebagai fasilitator, pemacu, motivator, pemberi inspirasi, dan perekayasa pembelajaran bagi peserta didik.

“Terlebih profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas. Salah satu tantangan yang dihadapi guru adalah karakter peserta didik yang senantiasa berbeda-beda dan hal ini guru diharuskan memiliki keterampilan menggunakan metode yang tepat dan relevan untuk perkembangan peserta didiknya,” katanya.

Baca Juga:  Bertepatan Listrik Hidup, SDN I Lhok Pawoh Aceh Selatan Terbakar

Dia menyebutkan, salam kegiatan itu guru sebagai peserta didampingi narasumber secara online pada saat mereka melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah masing-masing atau pada saat kegiatan on job learning.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan agar apa yang telah diperoleh selama pelatihan benar-benar bisa diaplikasikan di sekolah dan sekaligus dirasakan manfaatnya bagi rekan-rekan sejawatnya di sekolah.

Untuk jumlah keseluruhan peserta, baik jenjang SD dan SMP yang mengikuti pelatihan tersebut berjumlah 86 orang dan berasal dari sekolah yang berbeda.

Baca Juga:  Personel Polres Aceh Selatan Lakukan Pengamanan Pawai Karnaval

“Diharapkan dari peserta nantinya selain untuk mengembangkan dirinya dibidang pedagogik juga mampu memberikan dampak perubahan dalam peningkatan kualitas mutu pendidikan di Kabupaten Nagan Raya,” ucapnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.