Disaksikan Pamatwil Polda Aceh, KIP Aceh Selatan Bakar 2.878 Surat Suara Pemilu

Ketua KIP Aceh Selatan Kafrawi, SE, Ketua Panwaslih Deri Friadi dan Kapolres AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, Sik menyusut api memusnahkan 2.878 lembar surat suara di belakang Kantor KIP, Selasa, 13/2/2024. ANTARAN/Sudirman Hamid.
Bagikan:

“Surat suara Pemilu 2024 yang dimusnahkan hari ini merupakan kelebihan dari kebutuhan yang dibutuhkan dan mengalami kerusakan hasil penyortiran kemarin,” kata Kafrawi, SE.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN l TAPAKTUAN-Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan bersama Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) dan jajaran Kepolisian Resor (Polres) setempat memusnahkan surat suara kelebihan dan mengalami kerusakan di belakang Kantor KIP, Lhok Keutapang, Tapaktuan, Selasa (13/2/2024).

Pantauan antaran, pemusnahan surat suara Pemilu 2024 yang lebih dan rusak dilakukan dengan cara dibakar oleh Ketua KIP Kafrawi, SE, Ketua Panwaslih Deri Friadi dan Kapolres AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, SH disaksikan Pamatwil Polda Aceh Kombes Pol. Muliadi, SE dan AKBP Risno, Sik.

Baca Juga:  Kompak, Pj Bupati Aceh Selatan Bareng Forkopimda Pantau Penyotiran dan Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

Sebelum dilakukan pembakaran, Pamatwil Polda Aceh, Kombes Pol Muliadi, SE dan AKBP Risno, Sik mengamati surat suara yang akan dimusnahkan serta mendapat penjelasan dari komisioner KIP dan Panwaslih.

Ketua KIP Aceh Selatan mengatakan, surat suara kelebihan kebutuhan dan mengalami kerusakan ini harus dimusnahkan satu hari (H-1) sebelum dilaksanakan pemungutan dan perhitungan suara, Rabu 14 Februari 2024.

“Sesuai Petunjuk Teknis (Juknis), surat suara lebih pengiriman dari kebutuhan yang dibutuhkan dan rusak, harus dimusnahkan untuk mengantisipasi berbagai hal demi terwujudnya Pemilu jujur, bersih dan berkualitas,” ujar Kafrawi.

Adapun surat suara yang dibutuhkan pemilih untuk 697 TPS berjumlah 867.360 lembar. Dari hasil penyortiran dan pelipatan terdapat kerusakan berupa sobek dan bercak tinta warna hitam. Selain itu juga terdapat kelebihan dari yang dibutuhkan.

Baca Juga:  KIP Aceh Selatan Lantik 4.879 KPPS

Detail disampaikan Kafrawi dihadapan pihak berkompeten, surat suara lebih pengiriman berjumlah 2.078 lembar, sementara mengalami kerusakan sebanyak 800 lembar. Masing-masing meliputi; Surat suara Pemilihan presiden berjumlah 254 lembar, DPR-RI 259 lembar, DPD sebanyak 66, DPRD Provinsi 599 lembar dan DPRD Kabupaten berjumlah 1.700 lembar.

Pamatwil Polda Aceh, Kombes Pol. Muliadi, SE bersama komisioner KIP dan Panwaslih mengamati surat suara lebih dan rusak sebelum dibakar. ANTARAN/Sudirman Hamid.

Terpisah, Ketua Panwaslih Aceh Selatan Deri Friadi menyebutkan, agenda pemusnahan surat suara lebih dan rusak telah dilakukan komunikasi dan koordinasi intens dengan jajaran KIP Aceh Selatan.

“Iya, sebelum dimusnahkan, kami sudah membicarakan agenda ini dengan pihak KIP Aceh Selatan serta komponen terkait. Tujuannya supaya tidak ada dusta diantara kita dan terciptanya Pemilu damai, bersih, jujur, berkualitas dan berintegritas. Solusinya harus di musnah secara terbuka,” tegas Deri Friadi.

Baca Juga:  SPGN Tapaktuan Gelar Temu Alumni di Blangpidie

Amatan anataran, api pemusnahan sebanyak 2.878 lembar surat suara disulut Ketua KIP Kafrawi, SE, Ketua Panwaslih Deri Friadi dan Kapolres Aceh Selatan AKBP Mughi Prasetyo Habrianto, SH sekira pukul 10.00 WIB. Kobaran api mengepul hingga kertas surat suara berubah menjadi api.

Prosesi pemusnahan dibarengi penandatanganan berita acara oleh pihak berkompeten, selain komisioner KIP dan personel kepolisian turut dihadiri Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S) Masrafit. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.