Disdukcapil Aceh Selatan Kembali Turun Gunung Melakukan Perekaman e-KTP

Petugas Disdukcapil Aceh Selatan melakukan perekaman e-KTP warga di kantor Camat Trumon Timur dalam aksi Jemput Bola. ANTARAN/foto Istimewa.
Bagikan:

“Kegiatan Jempol perekaman e-KTP sudah rutin kami laksanakan untuk menginput pemilih pemula. Hari ini personel kita turun ke kecamatan Trumon Timur. Warga yang usianya sudah mencapai 17 tahun wajib memiliki KTP dan tercatat sebagai pemilih pemula,” ujar Lahmuddin.

Jurnalis: Sudirman Hamid

ANTARAN|TAPAKTUAN – Menyongsong perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Selatan kembali turun gunung melaksanakan gerakan Jemput Bola (Jempol)
untuk perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) ke kantor Camat dan sekolah-sekolah dalam wilayah setempat.

Agenda Jempol perekaman e-KTP bagi pemilih pemula dan masyarakat yang belum mengantongi identitas kependudukan disampaikan Kepala Disdukcapil Aceh Selatan, H Lahmuddin, S.Sos kepada antaran, Sabtu (10/6/2023) melalui telepon genggam saat personelnya berada di Trumon Timur.

Baca Juga:  Safaruddin Beri Bantuan Untuk Dayah Puskiyai Aceh 

“Kegiatan Jempol perekaman e- KTP sudah rutin kami laksanakan untuk menginput pemilih pemula. Hari ini personel kita turun ke Trumon Timur. Warga yang usianya sudah mencapai 17 tahun wajib memiliki KTP dan tercatat sebagai pemilih pemula,” ujar Lahmuddin.

Dikatakan Kadisdukcapil, Jempol perekaman e-KTP ini perlu dilaksanakan untuk keakuratan data dan sebagai upaya memudahkan serta meringankan beban atau kesulitan masyarakat untuk datang ke Kantor Disdukcapil di Tapaktuan.

Indikatornya, dengan adanya program Jempol, masyarakat dan siswa-siswi tidak terganggu beraktivas dan proses belajar mengajar di sekolah sehingga semua bisa berjalan lancar tanpa harus membuang waktu untuk kebutuhan lain, papar Lahmuddin.

Baca Juga:  Pj Bupati Aceh Jaya Gelar Kunjungan ke Area Lahan Program Penggemukan Sapi

Menurut Lahmuddin, jika masyarakat dan siswa dua bulan lagi belum genap 17 tahun, mereka sudah berhak dilakukan perekaman KTP. Target Disdukcapil, Kegiatan perekaman e-KTP bagi warga pemula di seluruh Aceh Selatan terus dilakukan hingga kelar sebelum Pemilu.

“Selama beberapa bulan terakhir atau semenjak tahun 2022 lalu, petugas kita sudah turun ke sejumlah wilayah dan sekolah di Aceh Selatan. Agenda jemput bola ini dijadwalkan dilaksanakan secara bergiliran antar kecamatan,” imbuhnya

Untuk meringankan beban dan memudahkan kinerja petugas, Lahmuddin menyarankan para Camat, Keuchik dan Kepala Sekolah SMA, SMK dan MAN di Aceh Selatan pro aktif melaporkan ke Disdukcapil untuk dilaksanakan perekaman data bagi warga yang usianya sudah memenuhi persyaratan wajib ber-KTP.

Baca Juga:  Menuju Kursi DPRK Aceh Selatan 2024-2029, Sawang Dibantai Meukek 4-1

“Seharusnya, pihak bersangkutan datang ke kantor Disdukcapil untuk melakukan perekaman e KTP. Namun, Disdukcapil berinisiatif turun gunung dengan pertimbangan jangan terganggu aktivitas warga dan proses belajar mengajar anak didik serta memberi kemudahan untuk memperoleh e-KTP tanpa mengeluarkan biaya transportasi ke Tapaktuan,” tambah Lahmuddin.

Menindaklanjuti program ini dan demi kepentingan bersama serta memudahkan pelayanan, kami minta partisipasi pihak pemerintah kecamatan dan sekolah untuk turut memberi andil dan partisipasi,” pungkas Lahmuddin.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.