Dispar Aceh Tengah Adakan Pelatihan Ekonomi Kreatif

Dinas Pariwisata (Dispar) Aceh Tengah, mengadakan pelatihan bimbingan teknis pendampingan ekonomi kreatif atau Kriya bagi masyarakat setempat. Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, Senin - Rabu (6-8/6/2022) di Aula Dispar setempat. ANTARAN / SYAH ANTONI
Bagikan:

ANTARANNEWS.COM,TAKENGON – Dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pengolahaan industri produk unggul sebagai penunjang sektor pariwisata di dataran tinggi Gayo. Dinas Pariwisata (Dispar) Aceh Tengah, mengadakan pelatihan bimbingan teknis pendampingan ekonomi kreatif atau Kriya bagi masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, Senin – Rabu (6-8/6/2022) dipusatkan di Aula Dispar setempat. Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Aceh Tengah, Zulkarnain kepada antarannews.com, Selasa (7/6/2022) menjelaskan, dipertengahan 2021 baru terbentuk nomenklatur baru, yaitu satu bidang yang menangani ekonomi kreatif dan Industri di instansi yang dipimpin itu.

Baca Juga:  Kapolres Aceh Selatan Beri Semangat Peserta Pawai Karnaval

Baru pada medio tahun 2022 Dispar Aceh Tengah bisa mengadakan pelatihan Kriya, yang merupakan bagian dari 17 subsektor ekonomi kreatif pada masa kini.

“Saat ini mungkin kali pertama instansi kita mengadakan pelatihan bimbingan teknis pendampingan ekonomi kreatif. Hal ini, dalam rangka melatih para pelaku usaha untuk menambahkan pengalaman dalam bidang kreatif sehingga pelatihan ini tepat sasaran,” ujar Zulkarnain.

Bagi para peserta bimbingan teknis serta pendamping ekonomi kreatif (Kriya), Zulkarnain berharap untuk fokus mengikuti rangkaian dengan seksama, sehinggah diharapkan nantinya dapat menciptakan produk yang akan dapat dipasarkan.

Baca Juga:  Sambut HUT Aceh Selatan, Pemkab Gotong Royong Massal dan Tanam Pohon

Sahrian, salah satu peserta pelatihan tersebut, kepada antarannews.com, siang tadi, disela-sela mengikuti pelatihan mengatakan, bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat sekaligus memberi banyak ilmu mengenai Kriya.

“Dalam mengikuti pelatihan ini, ilmu yang sangat penting bagi kami, selama ini kita tidak tahu apa saja bahan-bahan yang berkenaan dengan produk hasilan dari bahan resin yang digunakan untuk membuat beberapa produk seperti meja osin,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peringati HUT ke 71 Humas Polri, Polres Aceh Selatan Bagikan Bansos

Ditambahkan, selama mengikuti pelatihan ini, ia jadi banyak tahu, bahan apa saja yang di gunakan dalam membuat produk meja, jam dan lain lainnya. Pantauan antarannews.com, para peserta yang merupakan perwakilan dari beberapa kecamatan sangat antusias mengikuti kegiatan ini hingga hari kedua. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.