Disperindagkop UKM Nagan Raya Lounching Sidumanara

Pemkab Nagan Raya melalui Dinas Perindagkop UKM me-launching aplikasi Sistem Informasi Data UMKM Terpadu Kabupaten Nagan Raya, Jumat (25/08/2023). ANTARAN / Didit Arjuna
Bagikan:

“Maka dari itu kita selalu mendorong dan mendukung sepenuhnya dalam peningkatan perekonomian dalam Kabupaten Nagan Raya,” katanya.

Jurnalis : Didit Arjuna

ANTARAN|SUKAMAKMUE – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nagan Raya melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop UKM) me-launching aplikasi Sistem Informasi Data UMKM Terpadu Kabupaten Nagan Raya (SIDUMNARA).

Kegiatan launching tersebut dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati, Fitriany Farhas AP S.Sos,M.Si diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Ir H Ardimartha didampingi Kadis Perindagkop-UKM, T Kamarudin SP M.Si dan Kepala Bank Aceh Syariah Cabang Jeuram, Miftahudin SE,MM di Aula Setdakab Kompleks Perkantoran Suka Makmue, Jumat (25/08/2023) pagi.

Pada kesempatan itu, Sekda Ardimartha mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah menginisiasi dan berkolaborasi untuk membuat aplikasi demi kemajuan UMKM di masa mendatang, khususnya Kabupaten Nagan Raya.

Baca Juga:  Dihadiri Principal Director, PT Socfindo Gelar Sosialisasi Kesehatan dan Demo Masak di Nagan Raya

Menurutnya, UMKM memiliki tujuan untuk memperluas lapangan pekerjaan serta memberi pelayanan ekonomi kepada masyarakat secara luas. Dengan kata lain, UMKM adalah kelompok usaha atau bisnis yang dijalankan oleh individu, kelompok, rumah tangga maupun juga badan usaha kecil.

“Maka dari itu kita selalu mendorong dan mendukung sepenuhnya dalam peningkatan perekonomian dalam Kabupaten Nagan Raya,” katanya.

Dijelaskan, SIDUMNARA yang akan di-launching merupakan alat atau tempat untuk para UMKM, diharapkan mampu menjadi media promosi dan juga sebagai pusat informasi dalam pengembangan usahanya.

“Mulai hari ini dan ke depannya para pelaku UMKM bisa mendaftarkan diri atau didaftarkan oleh petugas bank data,” jelas Sekda.

Baca Juga:  Kadisbudparpora Sampaikan Tentang Kearifan Lokal Saat Apel Gabungan di Halaman Kantor Bupati

Sekda berharap aplikasi SIDUMNARA ini dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin, agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan bersama, yaitu kemudahan intansi pemerintah dalam pengelolaan database UMKM.

“Saya berharap pihak-pihak pengguna aplikasi ini agar dapat lebih tanggap akan pendataan, agar UMKM yang belum terdaftar untuk segera didaftarkan dan lebih memperhatikan prioritas dalam pengembangan UMKM,” harap sekda.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindagkop-UKM, T Kamarudin SP,M.Si mengatakan bahwa, aplikasi SIDUMNARA digunakan untuk mengintegrasikan data UMKM secara terpusat dan tersinkronisasi. Selain itu juga sebagai manajemen arsip berkas data fisik ke digital yang dikelola oleh Dinas Perindagkop-UKM Kabupaten Nagan Raya.

“Aplikasi ini juga sebagai bank data/database UMKM (data pedagang, pedagang kaki lima, data pasar, data koperasi, pelaku industri, data perusahaan besar dan lain-lain), sebagai media promosi produk UMKM dan juga sebagai pusat informasi harga pasar,” ujar T Kamaruddin.

Baca Juga:  Sekda Salman Alfarisi Kukuhkan 68 Pasukan Paskibraka

Dengan adanya aplikasi ini lanjut Kamaruddin, dapat terupdate data UMKM yang aktif serta memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses informasi tentang pengembangan usahanya terkait pengurusan dalam mengajukan permohonan bantuan.

Selain itu juga untuk advokasi bisnis, pendampingan legalisasi usaha yang di dalamnya ada NIB, sertifikasi halal dan hak merek dagang serta sebagai informasi berbagai macam informasi pelatihan, bimtek dan sosialisasi bagi pelaku UMKM dalam Kabupaten Nagan Raya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan terkait aplikasi SIDUMNARA oleh Programmer Hermanto serta tanya jawab dengan peserta. Turut hadir perwakilan SKPK, pelaku UMKM di Kabupaten Nagan Raya serta undangan lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.